Hoaks! Bawang Putih Dapat Mengeluarkan Cairan di Paru-Paru Akibat Covid-19

98

Muslim Obsession – Beredar di media sosial facebook, unggahan video berdurasi 60 detik yang memperlihatkan cara  melegakan hidung tersumbat dengan memasukkan bawang putih yang sudah dikupas ke dalam hidung.

Faktanya, dilansir dari liputan6.com yang meminta penjelasan dari dokter Muhammad Fajri Adda’i terkait klaim bawang putih dapat mengeluarkan cairan di paru-paru akibat Covid-19 tidaklah benar.

dr. Fajri menyebut tindakan seperti itu justru bisa berbahaya jika dilakukan secara sembarangan karena jika ada bawang yang tertelan bisa menyumbat saluran pernafasan.

Ada juga risiko iritasi dan bahkan bisa kekurangan oksigen jika bawang yang dimasukkan ke hidung menutupi saluran pernafasan.

“Tidak betul bahwa bawang putih bisa membersihkan atau mengeluarkan lendir dari paru-paru akibat covid-19. Tidak ada bukti ilmiah terkait pernyataan dalam pesan berantai itu,” ujar dr. Fajri.

“Untuk mengambil cairan dari paru-paru tidak semudah itu. Jadi itu sangat ngawur,” ujarnya menambahkan.

Ia juga menyebut tindakan seperti tersebut justru bisa berbahaya jika dilakukan secara sembarangan.

“Kegiatan tanpa dasar itu karena jika ada bawang yang tertelan bisa menyumbat saluran pernafasan kita. Ada juga risiko iritasi dan bahkan bisa kekurangan oksigen jika bawang yang dimasukkan ke hidung menutupi saluran pernafasan. Hal seperti ini jangan ditiru di rumah,” ujar dokter sekaligus edukator covid-19 itu menambahkan.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here