Bawa Misi Perdamaian, Korps Marinir Diberangkatkan ke Lebanon

669
Korps Marinir (Foto: Istimewa)

Jakarta, Muslim Obsession – Ratusan personel korps marinir Indonesia diberangkatkan untuk membawa misi perdamaian PBB di Lebanon.

Korps Marinir ini diberangkatkan di bawah pimpinan Mayor Mar Indra Jayadi dan di bawah bendera United Nation Interim Force in Lebanon (Unifil).

keberangkatan 202 personel tersebut dilepas langsung oleh Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono di Balai Prajurit Pasukan Marinir 1 Cilandak, Jakarta Selatan, Jumat (23/11/2018).

Lebih dari 200 orang personel tersebut nantinya akan dibagi ke dalam empat tim yang telah dibentuk oleh Unifil.

Sebanyak 173 personel akan bergabung dengan Batalyon Mekanis atau di daerah penugasan dikenal dengan Indonesian Battalyon (Indobatt), 24 personel di Force Protection Company (FPC), satu personel di Force Headquarter Support Unit (FHQSU), dan empat personel di Military Police Unit (MPU).

Dua di antara empat personel di MPU tersebut merupakan prajurit Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) Marinir. Dalam arahannya, Dankormar mengingatkan bahwa penugasan operasi di bawah bendera PBB merupakan kebanggaan. Karenanya, dia meminta para marinir tidak menyia-nyiakan kehormatan dan kepercayaan pimpinan.

“Manfaatkan kepercayaan dan kehormatan ini karena Anda semua merupakan kebanggaan keluarga, satuan, TNI, bangsa dan negara. Berbuat dan bertindaklah yang terbaik untuk negara, manfaatkan sosialisasi dengan militer negara lain sebaik-baiknya dan ikuti SOP yang ada,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Dankormar juga mengingatkan bahwa pasukan Garuda Indonesia di manapun berada dan ditugaskan, selalu mendapat hati di masyarakat karena bisa menempatkan diri dengan baik di tengah-tengah masyarakat daerah penugasan.

“Jaga dan pelihara track record kontingen Garuda Indonesia yang selalu mendapat penilaian positif dari PBB mulai dari Kontingen Garuda di Kongo, Afrika, Bosnia, Iran-Irak, Kamboja, Sudan, Lebanon dan lain sebagainya,” tukasnya. (Bal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here