Banyak Negara Rugi dengan Kereta Cepat, Termasuk China dan Jepang

188

Jakarta, Muslim Obsession – Pemerintah Indonesia tetap melanjutkan proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung dengan menggandeng china. Proyek ini banyak dikritik masyarakat karena bukan sesuatu kebutuhan yang mendesak.

Disamping itu proyek ini juga memboroskan anggaran. Bahkan di negara asalnya China, pengadaan kereta api cepat justru malah merugi karena sepinya penumpang. Hal itu juga dialami oleh negara-negara lain.

Berikut daftar negara yang merugi dari kereta cepat:

1. Jepang

Jepang yang awalnya hendak berinvestasi kereta cepat di Indonsia ternyata di negaranya sendiri merugi.

Menurut Nikkei, Central Railway harus menanggung rugi 1,8 miliar dollar AS atas kereta cepat rute Osaka-Tokyo. Memang awalnya rute Tokyo-Osaka masih menguntungkan. Demikian pula dengan rute Osaka-Hakata.

Namun belakangan, tahun 2020, Jepang mengakui mengalami kerugian 1,8 miliar dollar AS atas kereta cepat rute Osaka-Tokyo.

2. China

China juga berinvestasi proyek kereta cepat di Indonesia rute Jakarta-Bandung. Namun di negerinya sendiri, China ternyata merugi dari megaproyek.

Data dari Statista dilaporkan dari 15 rute kereta cepat yang ada, mayoritas merugi. Hanya 5 rute yang menguntungkan. Sisanya merugi terus.

3. Malaysia

Sementara Malaysia memutuskan menghentkan kereta cpat rute Kuala Lumpur – Jurong Singapura meski negara jiran itu sudah terlanjur mengeluarkan biaya investasi yang tinggi. Bahkan, Malaysia juga harus mengeluarkan biaya kompensasi kerugian kepada Singapura.

4. Amerika Serikat

Amerika Serikat juga memiliki riwayat yang kurang bagus soal kereta cepat. Negeri Paman Sam ini pernah memiliki kereta cepat bernama Acela yang dikelola Amtrax, perusahaan negara milik AS.

Namun perusahaan ini tidak berkembang pesat karena proyek itu ternyata tidak menguntungkan juga. Penumpangnya sepi.

Menurut BBC, AS sebenarnya memiliki rencana membangun kereta cepat rute Los Angeles dan San Fransisco. Namun rencana itu menuai perdebatan publik.

Yang menolak kereta cepat menilai apa fungsi kereta cepat setelah negara itu memiliki jaringan jalan tol dan pesawat udara yang sangat baik. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here