Bantuan Korban Gempa-Tsunami, Jokowi Klaim Dihubungi Presiden Turki

549
Presiden Tuki, Recep Tayyip Erdogan (Foto: Aljazeera)

Jakarta, Muslim Obsession – Pasca gempa dan tsunami yang mengguncang Sulawesi Tengah (Sulteng) beberapa negara turut berduka atas kejadian tersebut, salah satunya datang langsung dari Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Presiden Joko Widodo mengaku dihubungi langsung oleh Presiden Turki pada senin malam, menawarkan bantuan penanganan gempa dan tsunami, dalam komunikasi tersebut, Jokowi mengaku, pemimpin Turki itu menanyakan jenis bantuan apa yang dibutuhkan Indonesia.

Tak hanya Erdogan, Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud dan Perdana Menteri Australia Scott Morrison juga menghubungi langsung dirinya untuk menawarkan bantuan.

“Banyak sekali yang menyampaikan keinginannya (membantu),” ujar Jokowi di Istana Merdeka, Selasa (2/10/2018).

Jokowi juga mengatakan telah memerintahkan Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto untuk mengidentifikasi hal-hal apa yang dibutuhkan saat ini.

“Baru kita sampaikan ke negara-negara lain untuk membantu,” jelasnya.

Menurut dia, tawaran tersebut membuktikan bahwa Indonesia memiliki banyak sahabat dari negara- negara lain.

Sebelumnya, pemerintah mengaku mendapatkan tawaran bantuan dari 18 negara untuk penanganan bencana gempa di Sulawesi Tengah pada Jumat pekan lalu.

Wiranto mengatakan pemerintah memutuskan menerima bantuan dari 18 negara, di antaranya Turki dan sejumlah organisasi internasional seperti UNDP dan kelompok organisasi ASEAN.

“Dari AS, Perancis, Ceko, Swiss, Norwegia, Hungaria, Turki, Uni Eropa, Australia, Korea Selatan, Arab Saudi, Qatar, New Zealand, Singapore, Thailan, Jepang, India, China,” ujar Wiranto di kantornya, Senin (1/10/2018). (Bal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here