Bantu LPDB, PLUT Siapkan Konsultan Terbaik Dampingi Pelaku Usaha

484
Asisten Deputi Pendampingan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM Evianti Nasution (Foto: Fath/ OMG)

Semarang, Muslim Obsession – Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PLUT-KUMKM) menyiapkan konsultan-konsultan terbaik untuk membantu LPDB KUMKM.

Konsultan-konsultan tersebut sebagian besar telah melalui uji kompetensi sehingga kinerjanya diharapkan benar-benar optimal.

“Kami menyiapkan 7 konsultan di tingkat provinsi dan 5 konsultan di setiap kabupaten/kota,” kata Asisten Deputi Pendampingan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM Evianti Nasution kepada wartawan di sela-sela kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Program Inklusif LPDB-KUMKM di Semarang, Selasa (2/10/2018).

Evi menjelaskan, saat ini PLUT yang telah siap bekerja sama dengan LPDB baru berjumlah 13 unit. Namun demikian, ia optimis seluruh unit PLUT di 32 provinsi akan turut membantu LPDB.

“Saat ini totalnya ada 61 PLUT, dan 5 di antaranya merupakan PLUT mandiri yang merupakan program terbaru tahun ini,” tutur Evi.

Evi menjelaskan, PLUT bekerja untuk memberikan pendampingan kepada pelaku koperasi dan UMKM mendapatkan pinjaman dana bergulir dari LPDB. Oleh karenanya, PLUT menyiapkan para konsultan sebagai para pendamping mitra.

Dari 61 PLUT tersebut, sebut Evi, pihaknya memiliki 330 konsultan. Sebanyak 200 di antaranya melakukan uji kompetensi pada tahun ini.

Disinggung soal reward bagi konsultan PLUT berprestasi, Evi mengaku senang dan menyambut baik janji Direktur Utama LPDB-KUMKM Braman Setyo tersebut. Menurutnya, reward yang diberikan akan memotivasi para konsultan PLUT bekerja lebih semangat.

“Bagus sekali agar konsultan lebih serius,” tandasnya. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here