Bandara Tersibuk di Jerman Bangun Masjid Baru

574
Bandara Frankfurt Jerman Buka Masjid Baru (Foto: About Islam)

Frankfurt, Muslim Obsession – Penumpang maupun karyawan Muslim di Bandara Frankfurt sekarang bisa shalat tepat waktu dengan adanya masjid baru.

Dilaporkan ETurbo News, bandara tersibuk di Jerman tersebut mendirikan masjid baru di Terminal 2. Ruang shalat baru itu akan dibuka setiap hari mulai jam 5 pagi hingga jam 11 malam.

Selain itu, di sana umat Muslim juga bisa melaksanakan shalat Jumat setiap pekan, sesuai dengan koordinat geografis Frankfurt.

Ruang multi-fungsi yang dibuka pada tanggal 1 Februari itu, memiliki ruang tunggu dengan fasilitas penyimpanan untuk sepatu dan mantel.

Masjid sengaja berada di bagian belakang karena lokasi itu merupakan area yang tenang untuk shalat.

Sebuah tirai membagi ruang menjadi dua sehingga pria dan wanita dapat berdoa secara terpisah. Di area pintu masuk, tersedia kamar mandi terpisah untuk pria dan wanita, lengkap dengan tempat berwudhu.

Dilansir About Islam, Rabu (6/2/2019) Fraport, operator Bandara Frankfurt (FRA), telah menciptakan beberapa tempat ibadah bagi umat Kristen, Yahudi, dan Muslim di dua terminal FRA.

Sebanyak sepuluh kapel dan ruang doa menyediakan ruang untuk keragaman agama, dialog, dan hidup berdampingan secara damai di antara agama-agama dunia di pusat penerbangan global FRA.

Frankfurt adalah kota metropolitan Jerman tengah sekaligus kota terbesar di negara bagian Jerman, Hesse. Menurut perkiraan tahun 2017, populasi kota ini mencapai 746.878 orang.

Jumlah ini menjadikannya kota terbesar ke-5 di Jerman setelah Berlin, Hamburg, Munich, dan Cologne.

Kota ini memiliki ragam budaya dan etnis, dengan sekitar setengah dari populasi, dan mayoritas orang muda, memiliki latar belakang migrasi.

Seperempat populasi adalah warga negara asing termasuk banyak ekspatriat. Meskipun Frankfurt secara historis adalah kota yang didominasi Protestan, namun pada abad ke-19, banyak pemeluk Katolik yang masuk Islam.

Meski demikian, Komunitas Yahudi masih menjadi pemegang sejarah sejak zaman Abad Pertengahan yang selalu berada di peringkat terbesar di Jerman.

Menurut perkiraan tahun 2011, usai meningkatnya imigrasi orang-orang dari negara-negara Muslim sejak tahun 1960-an, Frankfurt memiliki komunitas Muslim yang besar yakni menghasilkan sekitar 12,6% dari total populasi negara.

Menurut perhitungan berdasarkan data sensus, Muslim Frankfurt berasal dari sekitar 21 negara Muslim, di mana sebagian besar dari mereka berasal dari Turki dan Maroko.

Masjid terbesar di kota ini adalah Masjid Noor yang dibangun pada tahun 1959 dan merupakan masjid terbesar ke-3 di Jerman. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here