Bagaimana Posisi Ibu Tiri dalam Islam?

1654
Anak dan ayah (Ilustrasi/ iStock)

Muslim Obsession – Ibu tiri seringkali digambarkan sebagai sosok yang kejam, terutama dalam tayangan film atau sinetron. Padahal tidak semua ibu tiri seperti demikian.

Ibu tiri yang masih terikat perkawinan dari suaminya pada hakikatnya adalah istri dari suaminya dan kedudukannya sama dengan kedudukan seorang istri. Hal ini berarti bahwa hak dan kewajibannya sama dengan hak dan kewajiban seorang istri terhadap suaminya. Hak dan kewajiban suami dan istri dalam kehidupan rumah tangga diatur sedemikian rupa oleh ajaran Islam yang tertuang dalam Al-Quran dan As-Sunnah Rasulullah Saw.

Dengan demikian, seandainya suatu rumah tangga Muslim mengikuti ajaran agama Islam yang berhubungan rumah tangga dengan benar sesuai dengan petunjuk Allah Swt. dan Rasul-Nya, niscaya apa yang ditayangkan pada televisi itu tidak akan terjadi.

Seandainya terjadi juga pada suatu keluarga Muslim, mungkin disebabkan sebagian atau salah seorang anggota keluarga seperti suami, istri, anak-anak, orang tua, saudara-saudara dan sebagainya tidak faham atau tidak mau melaksanakan ajaran Islam dalam mengatur rumah tangga karena ada suatu kepentingan diri mereka dalam rumah tangga itu.

Ada pesan-pesan moral yang tersirat pada firman Allah Swt. yang mengatur hubungan anak tiri dengan bapak tiri dan ibu tiri, yaitu…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here