Bagaimana Cara Menghadapi Orangtua yang Tidak Mau Berpuasa?

156

Muslim Obsession – Berpuasa di Bulan Ramadhan hukumnya wajib bagi umat Islam. Namun, tidak sedikit Muslim yang masih mengabaikan kewajiban tersebut dengan berbagai alasan.

Salah satunya mungkin orang tersebut berada di sekitar kita atau bahkan orangtua kita sendiri. Lalu sebagai anak, bagaimana cara yang baik untuk menasehati orangtua kita agar mau berpuasa?

Menurut penjelasan Buya Yahya dalam situs resmi buyayahya.org dikutip Jumat (8/5/2020) berbakti kepada orangtua adalah kewajiban yang tidak bisa ditawar. Hanya, caranya saja yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan orangtua.

“Keinginan Anda menjadikan orangtua untuk bisa berpuasa adalah hakekat berbakti, akan tetapi Anda harus melihat kondisi orangtua Anda,” terang Buya.

Bagi Buya, jika beliau sudah tua yang berat baginya berpuasa maka baginya tidak wajib berpuasa dan haram jika Anda memaksanya berpuasa.

“Akan tetapi jika beliau memang wajib berpuasa maka wajib bagi Anda untuk mengajaknya,” imbaunya.

Jika ajakan Anda tidak diterima, kata Buya, maka Anda bisa minta tolong kepada orang lain yang sekiranya bakal didengar oleh orangtua Anda.

Buya berpesan agar terus berupaya dengan cara yang jauh dari percekcokan Anda dengan orangtua Anda  apalagi sampai beliau mendoakan yang jelek.

“Ingat bahwa kebenaran tidak harus disampaikan oleh lidah Anda. Pilih waktu yang tepat dan dengan cara yang benar. Wallahu a’lam bish shawab,” pungkas Buya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here