Bagaimana Cara Menasihati Orang dengan Baik? Ini Kata Syekh Ali Jaber

1068
Syekh Ali Jaber. Foto istimewa.
Syekih Ali Jaber. (Foto istimewa).

Jakarta, Muslim Obsession – Menasihati orang lain dengan maksud untuk mengingatkan atau memberi masukkan yang baik, memang diperlukan cara tersendiri agar orang yang dinasihati tidak berbalik menjadi tersinggung atau marah.

Soal adab dalam memberikan nasihat, Syekh Ali Jaber memberikan beberapa tipsnya kepada para jamaahnya dan netizen.

Menurutnya, betapa luar biasa kelembutan dalam menasihati orang lain. Tips yang pertama saat menasihati orang adalah, ketika seseorang ingin menasihati orang lain, jangan menasihatinya di depan banyak orang.

“Ketika ingin menasihati seseorang jangan menasihatinya di depan banyak orang. Jangan membuka aibnya di depan banyak orang. Begitu luar biasa perhatian Islam dan perhatian Nabi Muhammad Saw. dengan kemuliaan akhlaknya. Sambil memberi nasihat, sambil kita bisa menjaga perasaan orang yang kita nasihati,” terangnya seperti dilansir dari akun Instagram @syekh.alijaber, Rabu (2/10/2019).

Syekh Ali Jaber mengingatkan, agar saat menyampaikan nasihat menuju kebenaran, dapat tersampaikan dengan baik, seorang Muslim perlu memperhatikan etika memberi nasihat kepada orang di sekeliling kita.

“Makanya, mari kita sama-sama menjaga, saling menasihati untuk keberan dan saling menasihati untuk kesabaran. Sambil tetap menjaga perasaan kita bersama,” pungkasnya. (Way)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here