Awas! Duduk dengan Silang Kaki Bisa Tingkatkan Tekanan Darah

42
Duduk Menyilangkan Kaki (Foto: Bintang)

Muslim Obsession – Bagaimana cara duduk Anda? Apakah dengan kaki yang disilangkan?

Menyilangkan kaki adalah salah satu kebiasaan duduk yang sering dilakukan wanita. Bagi wanita, duduk dengan kaki disilangkan memang terlihat lebih anggun daripada melebarkan kedua kaki.

Namun, ternyata kaki yang disilangkan menyimpan bahaya yang mungkin jarang diketahui orang. Salah satunya adalah bisa meningkatkan tekanan darah.

Apakah cara duduk kita bisa menaikkan tekanan darah?

Ini adalah fakta yang jarang diketahui banyak orang. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Blood Pressure Monitoring, seperti dilansir Hello Sehat, duduk dengan kaki yang disilangkan dapat meningkatkan tekanan darah, tapi hanya sementara.

Menyilangkan kaki meningkatkan tekanan darah sistolik hampir tujuh persen dan diastolik sebesar dua persen. Tekanan sistolik atau angka atas tekanan darah adalah tekanan saat jantung sedang memompa darah. Sementara, tekanan diastolik atau angka bawah tekanan darah adalah angka jantung sedang istirahat untuk melakukan pengisian darah ke jantung.

Penelitian tersebut juga mengatakan bahwa pasien hipertensi harus menghindari menyilangkan kaki saat pemeriksaan tekanan darah.

Sebab, kebiasaan duduk ini telah ditemukan dapat menaikkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Sementara pada pasien nonhipertensi hanya menyebabkan tekanan sistolik naik. Jadi, jagalah agar kedua telapak kaki Anda tetap di lantai saat melakukan pemeriksaan tekanan darah.

Hal ini disebabkan karena kaki yang menyilang, mendorong lebih banyak darah ke jantung. Meskipun, kaki yang menyilang dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah sementara, tapi ini tidak berarti akan membahayakan kesehatan jantung atau menyebabkan dorongan tekanan darah yang sangat berisiko.

Namun, jika Anda berisiko memiliki penggumpalan darah, sebaiknya diskusikan dengan dokter tentang bagaimana cara duduk yang sehat dan bagaimana postur tubuh Anda dapat mempengaruhi kesehatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here