Awas, Doa Jelek Orangtua Itu Mustajab!

161
Ilustrasi: Ibu dan Anak.

Muslim Obsession – Wahai ayah dan bunda, berhati-hatilah dalam mendidik anak-anak. Jagalah sikap dan ucapan agar tidak berdampak buruk kepada mereka kelak.

Orangtua adalah teladan bagi anak, sementara ucapannya adalah doa bagi mereka. Jangan salah berdoa atau mendoakan jelek anak, karena doa ayah dan bunda bisa dengan mudah Allah kabulkan.

BACA JUGA:

Pengaruh Doa Buruk Orangtua Bagi Anak

Sungguh Durhaka Anak yang Doakan Orangtuanya 5 Kali Sehari

Tak Bisa Memberi, Begini Cara Membuat Orangtua Bahagia

Mengutip Rumaysho, doa orangtua yang baik dan jelek, kedua-duanya bisa terkabul. Maka perhatikan, jangan sampai doa jelek yang ayah dan bunda ucapkan.

Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Nabi ﷺ bersabda,

ثَلاَثُ دَعَوَاتٍ مُسْتَجَابَاتٌ لَهُنَّ لاَ شَكَّ فِيْهِنَّ دَعْوَةُ الْمَظْلُوْمِ وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ وَدَعْوَةُ الْوَالِدَيْنِ عَلىَ وَلَدِهِمَا

 “Ada tiga jenis doa yang mustajab (terkabul), tidak diragukan lagi, yaitu doa orang yang dizholimi, doa orang yang bepergian dan doa kejelekan kedua orang tua kepada anaknya.” (HR. Abu Daud no. 1536, Tirmidzi no. 1905 dan Ibnu Majah no. 3862. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini hasan. Hadits ini disebutkan pula oleh Imam Bukhari dalam Adabul Mufrod no. 32).

BACA JUGA: 10 Doa Orangtua Agar Anak-anaknya Jadi Shalih dan Shalihah

Dalam hadits di atas disebutkan mengenai tiga orang yang mustajab doanya:

1- Doa orang yang terzhalimi. Meskipun yang terzhalimi adalah orang fajir (penuh maksiat), maka itu pun bisa mustajab. Sedangkan kefajirannya kembali pada dirinya. Begitu pula yang terzhalimi di sini orang kafir, juga bisa terkabul.

2- Doa seorang musafir (yang melakukan perjalanan jauh) dalam safar yang sifatnya boleh, bukan safar maksiat. Doa ini mudah dikabulkan karena ketika di perjalanan ia sungguh-sungguh berharap pada Allah ketika meminta.

3- Doa jelek dari orangtua. Jika anak menyakiti orangtua, lalu orangtua memaafkan, maka berarti urusannya telah selesai. Namun jika orangtua tidak memaafkan lantas mendoakan kejelekan, maka doa jeleknya itu mustajab. Ini menunjukkan setiap anak tidak boleh menyakiti orangtuanya.

BACA JUGA: Kisah Juraij dan Terkabulnya Doa Jelek Orangtuanya

Maka sebagai orangtua berhati-hatilah ketika mendoakan jelek pada anak. Karena jika ia doakan jelek pada anaknya, itu bisa terkabul tanpa ada penghalang. Sebagaimana ada kisah dari Juraij yang doa jelek ibunya bisa terkabul.

Al-Munawi rahimahullah berkata, “Doa orang yang terzhalimi bisa terkabul karena ia sedang dikuasai kezhaliman orang lain. Doa musafir bisa terkabul karena keterasingan dan kesendirian dirinya di perjalanan. Sedangkan doa orang tua bisa terkabul karena kedudukan orangtua yang mulia.”

Demikianlah. Wahai ayah dan bunda, lazimkan ucapan dan doa hanya untuk kebaikan anak-anak. Sekesal apapun ayah dan bunda kepada mereka, alihkan dengan doa terbaik untuk berharap agar Allah Ta’ala membimbing mereka. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here