Awal Mula Qurban, Kisah Ketaatan Manusia kepada Allah

134
Pemotongan hewan qurban (Foto: Edwin Budiarso)

Jakarta, Muslim Obsession – Bagi umat Islam salah satu hari yang paling penting selain Idul Fitri adalah Idul Adha. Hari itu juga sering disebut sebagai Hari Raya Haji karena pada waktu itu bertepatan dengan dilaksanakannya ibadah haji tepatnya ketika wukuf di Arafah.

Penyebutan lain yang juga muncul di tengah masyarakat ialah Hari Raya Qurban. Karena pada waktu itu pasti dilaksanakan penyembelihan hewan qurban untuk dibagikan ke masyarakat yang layak untuk menerimanya.

Asal mula qurban berawal saat lahirnya Nabi Ismail As.  Sewaktu Nabi Ismail As mencapai usia remajanya Nabi Ibrahim As. mendapat mimpi bahwa ia harus menyembelih Ismail puteranya. Dan mimpi seorang nabi adalah salah satu dari cara-cara turunnya wahyu Allah, maka perintah yang diterimanya dalam mimpi itu harus dilaksanakan oleh Nabi Ibrahim As.

Ia duduk sejurus termenung memikirkan ujian yang maha berat yang ia hadapi. Sebagai seorang ayah yang dikaruniai seorang putera yang sejak puluhan tahun diharap-harapkan dan didambakan, seorang putera yang diharapkan menjadi pewarisnya dan penyambung kelangsungan keturunannya, tiba-tiba harus dijadikan qurban.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here