Aturan Makan Mi Instan Agar Tidak Menimbulkan Penyakit

138

Jakarta, Muslim Obsession – Hampir semua orang suka dengan mi instan. Tidak hanya memiliki aroma yang enak, mi instan juga memiliki rasa yang nikmat dan lezat. Cara membuatnya pun begitu mudah, sehingga wajar semua orang suka dengan makanan satu ini.

Meski mudah dibuat dan rasanya enak, baiknya berapa banyak mi instan yang dikonsumsi baik secara harian atau bulanan?

Dokter spesialis gizi klinik di RS Hermina Ciputat, dr Dian Permatasari mengatakan, aturan untuk mengonsumsi mi instan setidaknya 1 sampai 2 kali dalam seminggu bagi mereka yang sehat.

Ia mengatakan, saat konsumsi mi instan baiknya memperhatikan kandungan garam atau sodium pada kemasan. Sebab, satu bungkus mi instan mengandung garam atau sodium yang tinggi.

“Mi instan setiap kemasannya mengandung 300-400 kalori, hampir sama dengan makan nasi beserta lauk dan sayurnya. Seharusnya bisa menjadi pengganti makan besar, namun hati-hati dengan kandungan garam/sodium yang terlalu tinggi di setiap kemasannya,” ujarnya Kamis (22/10/2020).

Menurutnya, orang yang mengonsumsi kalori berlebihan akan berisiko obesitas. Sedangkan, mereka yang terlalu banyak mengonsumsi garam akan berisiko meningkatkan tekanan darah.

Oleh karena itu, Dian mengimbau agar penderita yang memiliki riwayat hipertensi, penyakit jantung tidak disarankan untuk mengonsumsi mi instan.

Tidak hanya kandungan garam atau sodium saja yang tinggi, dalam satu porsi mi instan sangat sedikit mengandung protein.

“Selain itu juga kandungan gizi lain seperti protein rendah (dalam satu kemasan), sehingga tidak disarankan untuk mengonsumsi rutin,” lanjut dia.

Larangan konsumsi mi instan tiap hari

Ahli Gizi dari Mount Elizabeth Hospital, Seow Vi Vien menyampaikan, seseorang yang hanya mengonsumsi tiga porsi mi instan setiap hari akan menjadi kurang gizi seiring waktu.

Hal ini dikarenakan, mereka tidak mendapatkan jumlah nutrisi yang dibutuhkan seperti protein, vitamin, dan mineral guna mendukung kesehatan tubuh.

Mi instan disebut sebagai makanan yang tidak sehat karena memiliki nutrisi yang rendah. Mengonsumsi mi instan berlebih juga menyebabkan penurunan asupan protein, kalsium, vitamin C, fosfor, zat besi, niacin, dan vitamin A. (Albar)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here