AS Tolak Visa 6 Pejabat Palestina yang Akan Ikut Pertemuan PBB

356
Perwakilan Palestina untuk PBB Riyad Mansour menghadiri pertemuan Dewan Keamanan PBB di New York, Amerika Serikat (Foto: Volkan Furuncu / Anadolu Agency)

New York, Muslim Obsession – Amerika Serikat (AS) menolak visa enam pejabat Palestina tanpa penjelasan. Para pejabat tersebut dijadwalkan untuk memberikan presentasi di kantor PBB di New York, tentang laporan pelaksanaan pembangunan untuk tahun 2030.

Dalam ketiadaan mereka, Duta Besar Palestina PBB Riyad Mansour harus turun tangan dan membuat presentasi atas nama Palestina, yang memiliki status pengamat non-anggota di PBB.

Dilansir Middle East Monitor, Jumat (20/7/2018) Mansour menyebut kejadian ini sebagai akibat dari pendudukan Israel yang memperumit masalah. Mansour juga mengklaim, sebagai tuan rumah AS telah melanggar perjanjian PBB dengan menolak masuk delegasi dari salah satu anggota badan dunia.

Untuk itu, Mansour berjanji akan mengirim surat protes kepada komite Majelis Umum yang berurusan dengan hubungan negara tuan rumah. Sementara itu, insiden ini akan dinilai sebagai contoh lain dari permusuhan terhadap Palestina.

Hubungan Palestina dan AS memang semakin suram secara dramatis setelah Presiden Trump mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan memindahkan kedutaan AS di sana. Administrasi Trump juga telah memotong dana untuk badan pengungsi Palestina PBB.

Akibatnya, UNRWA harus berjuang keras mengisi kesenjangan anggaran utama untuk program pendidikan dan kesehatan para pengungsi Palestina. (Vina)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here