Arsitektur Masjid Terbaik Abad ke-21 Akan Diberi Penghargaan

84
Abdullatif Al-Fozan Award akan memberikan penghargaan bagi arsitektur masjid terbaik abad ke-21 (Foto: Website resmi Al-Fozan Award)

Jakarta, Muslim Obsession  – Penghargaan sangat penting untuk industri arsitektur yang inovatif pada umumnya. Oleh sebab itu, sebagai organisasi yang bertanggung jawab atas penghargaan arsitektur global, mencetuskan Abdullatif Al-Fozan Award.

Abdullatif Al-Fozan Award untuk Arsitektur Masjid, membahas ide-ide baru untuk desain masjid di seluruh dunia dan mendorong inovasi dalam perencanaan, desain, dan teknologi yang dapat membentuk identitas arsitektur masjid di abad ke-21 ini.

Dilansir Alfozanaward, Selasa (3/7/2018), proses nominasi dimulai dari awal tahun pertama setiap siklus dan berlangsung hingga pertengahan tahun kedua. Namun, masjid yang dinominasikan harus dibangun sampai sekarang dan digunakan selama dua tahun pada saat yang disebutkan.

Selanjutnya, masjid-masjid tersebut merupakan inkarnasi kehidupan nyata dari konsepsi arsitektur masjid di abad ke-21. Secara keseluruhan, nominasi didasarkan pada tipologi Masjid Center, Masjid untuk Shalat Jumat dan Masjid lokal.

Syarat lainnya ialah harus terus dibangun dan digunakan. Masjid yang dibangun harus di atas tahun 2000. Masjid-masjid tersebut juga harus berada di dalam negara-negara Islam. Sayangnya, bagi pemenang siklus sebelumnya, tidak memenuhi syarat untuk dinominasikan.

Sedangkan dalam kategori fungsi, masjid-masjid tersebut harus ramah lingkungan, memiliki nilai spiritualitas, dan integrasi yang kuat dengan konteks perkotaan. Abdullatif Al-Fozan Award, saat ini memasuki siklus ketiga, yakni terhitung sejak 2017 hingga 2020. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here