Arkeolog Temukan Rumah Berusia 2.400 Tahun yang Terkubur

63

Muslim Obsession – Sementara kuil kuno, teater, dan pasar biasanya mencuri perhatian dalam hal penggalian arkeologi, banyak yang bisa dipelajari dari tempat tinggal sederhana warga kota biasa.

Dua rumah berusia 2.400 tahun dan diyakini digunakan oleh orang-orang kelas menengah ditemukan selama penggalian di sebuah kota kuno di barat daya Turki.

“Kota kuno Miletos di distrik Didim provinsi Aydin adalah salah satu kota terkemuka di bidang filsafat, ilmu pengetahuan dan seni dalam peradaban Yunani kuno,” kata kepala komite penggalian dan anggota Departemen Arkeologi Universitas Hamburg Christof Berns kepada wartawan, dilansir Daily Sabah.

Miletos, tempat tinggal filsuf dan matematikawan terkenal Thales, dikenal sebagai “kota para filsuf”.

Berns mencatat bahwa mereka telah menemukan struktur urbanisasi yang baik di kota yang dikenal sebagai sistem jaringan.

Ia mengatakan, dalam kajian yang dilakukan selama ini, mereka menemukan struktur publik seperti teater, pasar, dan kuil. Mereka berharap dapat menemukan rumah-rumah rakyat jelata selama penggalian tahun ini.

“Kami sekarang memusatkan pekerjaan penggalian kami di dua titik, yaitu rumah dan jalan,” kata Berns, menambahkan bahwa ini adalah subjek yang belum banyak dieksplorasi sampai sekarang.

“Dulu, sebagian besar bangunan publik seperti kuil dan area pasar diselidiki, tetapi dengan penggalian yang sedang berlangsung kami bertujuan untuk mencari jejak kehidupan sehari-hari masyarakat umum,” tegasnya.

“Kami telah mencapai dua tempat tinggal sejak 2.400 tahun di mana orang biasa tinggal. Rumah-rumah itu berukuran kecil, tetapi kami tahu ada yang lebih besar juga,” tambah Berns.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here