Arab Tetapkan Biaya Izin Bermain Drone 250 Riyal

329
Drone (Foto: Simple Flying)

Arab Saudi, Muslim Obsession – Arab Saudi menetapkan biaya izin bermain drone sebesar 250 Saudi Riyal atau senilai Satu Juta Rupiah. Selain itu, para penggemar drone juga diwajibkan mendaftarkan kartu identitasnya atau iqama, yang nantinya akan dibuatkan nomor serti pada drone yang dimiliki.

Seperti dilansir Arab News, Jumat (25/1/2019),  keputusan itu dikeluarkan Otoritas Umum untuk Penerbangan Sipil (GACA). Dengan demikian, Pemerintah Saudi juga menentukan biaya izin drone secara komersial, dimana drone yang digunakan untuk pekerjaan dikenakan biaya izin sebesar 500 saudi riyal atau setara dengan 1,8 juta rupiah.

Gaza mengumumkan, warga Saudi yang ingin lakukan import drone diminta untuk mendaftarkan nomor seri di laman resmi Gaza. Katanya, jika drone terdaftar, Bea Cukai Saudi mengizinkan drone masuk wilayah Saudi dan penggemar drone dapat menerbangkan secara bebas.

Sementara itu, keputusan penetapan perizinan drone yang memakan biaya, justru disambut baik oleh penggemar serta operator drone komersial. Katanya, selama perizinan belum diberlakukan, para operator drone komersial kerap menghadapi penyelidikan dan penahanan, apabila tertangkap pihak berwajib.

Menurut informasi, terkadang pengalaman tak menyenangkan juga sempat di alami para wartawan asing dan crew pembuat film yang dilarang membawa drone ke Saudi, kecuali yang telah mendapatkan izin dari Pemerintah Saudi melalu Kementerian Komunikasi dan Informatika Arab Saudi.

Tapi, dengan ketetapan sistem perizinan ini mengakhiri simpang siurnya penggunaan drone di Saudi. Selain itu, juga mengakhiri peredaran drone ilel yang dijual di pasar gelap saudi, bahkan dengan harga yang tinggi.

“Selalu ada masalah tentang perizinan drone, tapi dengan ketetapan perizinan ini, semoga semua akan berakhir,” pungkas salah satu wartawan asing. (Bal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here