Arab Saudi Tetapkan 1 Ramadhan Selasa Besok

94
Makkah (Foto: Al-Monitor)

Riyadh, Muslim Obsession – Pemerintah Arab Saudi telah menetapkan 1 Ramadhan 1442 H jatuh pada Selasa (13/4/2021) besok. Mahkamah Agung Arab Saudi mengumumkan, mereka belum menerima kesaksian apa pun terkait penampakan hilal awal Ramadhan wilayah kerajaan itu pada Ahad (11/4/2021) malam.

“Pengadilan akan mengadakan rapat pada Senin (12/4/2021) malam untuk membuat pengumuman sehubungan dengan awal Bulan Suci Ramadhan,” kata institusi dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari kantor berita SPA, hari ini.

Dalam pernyataan sebelumnya, Mahkamah Agung Arab Saudi mengingatkan semua kaum Muslim di negara itu untuk memantau hilal atau bulan sabit pertama sebagai pertanda masuknya Ramadhan.

Selasa besok akan menjadi hari pertama bulan, setelah selesainya hari ke-30 Sya’ban pada Senin ini, setelah bulan baru tidak terlihat tadi malam.

“Siapa pun yang melihat bulan sabit dengan mata telanjang atau melalui teropong harus melapor ke pengadilan terdekat dan mendaftarkan kesaksiannya atau melaporkan kepada otoritas wilayah di daerah di mana dia melihat bulan sabit agar dapat difasilitasi untuk menginformasikannya ke pengadilan terdekat,” kata lembaga kehakiman Saudi itu.

“Dalam hal tidak ada kesaksian tentang penampakan bulan sabit Ramadhan pada Minggu, hari ke-30 Sya’ban akan selesai pada Senin dan Bulan Puasa akan dimulai pada Selasa, 13 April. Hal ini sejalan dengan tradisi Nabi (shallallaahu alaihi wasallam),” ungkap Mahkamah Agung lagi. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here