Arab Saudi Sediakan Makanan Higienis Bagi Calon Haji 2018

544
Kementerian Haji Arab Saudi Gratiskan Makanan (Foto: Mysalaam)

Jeddah, Muslim Obsession – Pemerintah Arab Saudi menyediakan makanan lezat dan higienis untuk calon jamaah haji 2018 sebanyak 2,3 juta.

Makanan ini disediakan oleh Kementerian Haji Arab Saudi untuk menjaga kesehatan dan keamanan bagi para calon jamaah haji. Makanan terdiri dari beberapa jenis rasa dan digratiskan.

“Mulai tahun ini, kantor urusan haji Asia Selatan mulai mendistribusikan makanan untuk sekitar 15 persen jamaah. Dalam dua tahun, semua jamaah haji akan menikmati makanan serupa selama ibadah haji,” kata Menteri Haji Arab Saudi Mohammed Salih Bentin seperti dilansir Myssalam, Selasa (21/8/2018).

Kementerian melibatkan provider makanan swasta untuk pengadaan makanan ini. Mereka mengikuti proses tender dan jika lolos bisa mendapatkan kontrak pengadaan makanan untuk para jamaah haji.

“Pintu terbuka bagi semua perusahaan besar untuk berinvestasi dalam proyek besar ini,” uajrnya.

Pemerintah juga mengajak perusahaan katering Saudi Airlines untuk ikut serta sehingga kualitas makanan para jamaah haji bisa setara dengan kualitas santapan di pesawat terbang.

Menurut Supervisor Project, Bassam H. Mashat, Kerajaan ingin menyuplai makanan bergizi dan sehat bagi semua jamaah selama mereka menjadi tamu di sana. Ini dilakukan untuk menjaga kualitas makanan para jamaah, mengurangi insiden tenda terbakar dan sampah.

Mashat mengatakan salah satu vendor makanan ini adalah Taj Food, yang memiliki instalasi di Jeddah. Kualitas layanannya mengikuti standar Food Safety Management System.

Sebuah pabrik makanan contoh juga telah dibangun di Kota Mekkah, yang menjadi kantor pusat perusahaan. Luas pabrik itu sekitar 9000 meter persegei dan terdiri dari sembilan lini produksi.

“Kapasitasnya bisa menyuplai hingga sekitar 12 juta makanan per tahun,” katanya. (Bal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here