Arab Saudi Kembali Menutup Visa Umrah Jamaah Indonesia

91
Para jemaah umrah mulai berdatangan di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang- Banten, Minggu (1/11/2020)

Jakarta, Muslim Obsession – Pemerintah Arab Saudi kembali menutu proses visa umrah jamaah umrah dari Indonesia. Penutupan proses visa ini sekaligus evaluasi dalam pengaturan ibadah umrah dari jamaah Indonesia.

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Oman Fathurahman mengatakan pihaknya telah bertemu dan berkoordinasi dengan Kementerian Haji dan Umrah serta pihak lain yang terkait di Arab Saudi.

“Saat ini Pemerintah Arab Saudi sedang menutup proses visa dalam rangka melakukan evaluasi dan pengaturan terhadap penyelenggaraan ibadah umrah bagi jamaah Indonesia,” kata dia dalam keterangan tertulisnya, Senin (16/11/2020).

Saat ini total ada 359 jamaah umrah asal Indonesia yang terbang ke Arab Saudi dalam tiga fase keberangkatan tanggal 1, 3, dan 8 November 2020 untuk melaksanakan ibadah umrah di sana.

Demi memastikan kelancaran umrah di masa pandemi, tim dari Kemenag terbang pada 9 November 2020 untuk mengidentifikasi sekaligus mengantisipasi permasalahan yang terjadi selama jamaah berada di Arab Saudi.

Berdasarkan hasil pengawasan, Kemenag meminta Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) untuk melakukan persiapan secara lebih komprehensif terkait penyelenggaraan umrah di masa pandemi, termasuk dalam sosialisasi dan edukasi jamaah.

Kemudian, ada temuan 13 jamaah asal Indonesia yang terkonfirmasi positif COVID-19 dari hasil tes PCR atau swab yang dilakukan Kementerian Kesehatan Arab Saudi.

Mereka lalu diisolasi di hotel tempat jamaah menginap sampai dengan 10 hari sejak terkonfirmasi positif. Lalu, setelah itu baru diizinkan untuk shalat di Masjidil Haram dan umrah.

Jamaah umrah asal Indonesia yang berangkat pada 1 dan 3 November 2020, tidak dapat melanjutkan ziarah ke Madinah. Hal ini karena terdapat kasus positif dalam rombongan tersebut.

“Setelah itu, mereka meninggalkan Makkah untuk kembali ke Indonesia,” katanya. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here