Arab Saudi Jadi Tuan Rumah Sepak Bola Perempuan

119
Sepak Bola Perempuan (Foto: Istimewa)

Arab Saudi, Muslim Obsession – Masyarakat Arab Saudi mengukir sejarah, terutama dalam dunia olahraga, negara tersebut menjadi tuan rumah penyelenggaraan persaingan sepak bola putri. Para pesertanya terdiri atas negara-negara di area Teluk.

Turnamen tersebut rencananya dilangsungkan pada 1-6 Maret 2019 di Green Hall al-Khobar Sports City, Riyadh, Arab Saudi. Federasi Olahraga Komunitas Saudi selaku penyelenggara mengambil tema “Sepak Bola Menyatukan Kita” (“The Football Unites Us”).

Sebanyak 16 tim bakal berpartisipasi dalam babak knockout dengan sistem gugur di turnamen tersebut. Sejumlah klub sepakbola perempuan dari Arab Saudi dan sekian banyak negara Teluk turut berpartisipasi. Ajang ini diselenggarakan di bawah pemantauan Emir Provinsi Timur, Pangeran Saud Bin Naif.

“Turnamen tersebut akan dibuka dengan acara pendahuluan resmi” ungkap Sanaa Al-Ateeq, manajer umum di antara perusahaan yang berhubungan acara ini, dilansir dari Saudi Gazette, Senin (11/2/2019).

Sanaa menyebut, upacara pendahuluan turnamen akan dipenuhi pertunjukan musik yang dibawakan 50 orang perempuan-penyanyi muda Saudi. Lagu yang bakal dibawakan antara beda “I come here”. Adapun tata pentas akan dilaksanakan desainer Hanouf Al-Duwaihi.

Acara perdana tersebut akan dibuntuti dua pertandingan sepak bola. Sejak dimulai nanti, turnamen tersebut akan memperlihatkan setiap harinya empat pertandingan.

Di antara negara-negara tamu yang bakal berpartisipasi merupakan Uni Emirat Arab (UEA), Kuwait, Bahrain, dan Oman. Dari Arab Saudi, sebanyak klub sepakbola wanita akan ikut serta dalam turnamen ini. Di antaranya merupakan Al-Shuala Al-Sharqiyah, Al-Yamamah, Lourdes, United Eagles, Royals, Jeddah Eagles, dan Kings ‘Union.

Di samping sepak bola, terdapat pula ajang olahraga lainnya, seperti tenis, bola basket dan tenis meja di lokasi yang sama.

Ruang tersingkap akan dipenuhi ajang permainan guna anak-anak dan olahraga. Untuk semua pengunjung, pihak panitia akan meluangkan gerai makanan sehat (food court).

Sanaa menambahkan, acara ini tidak melulu ditujukan guna wanita, tetapi pun untuk seluruh kalangan, utamanya keluarga. (Bal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here