Arab Saudi Ancam Larang Warga Nigeria Ibadah Haji

416
Potret Kabah (Photo: Arab News)

Jakarta, Muslim Obsession – Otoritas Saudi mengancam akan melarang warga Nigeria menunaikan ibadah haji ke Makkah karena khawatir bisa menyebarkan demam Lassa. Demikian dikatakan Komisi Nasional Haji Nigeria, Mousa Ubandawaki, Rabu (25/4/2018) waktu setempat.

Menanggapi ancaman itu, Mousa Ubandawaki mengadakan pertemuan bersama semua pejabat dari 36 negara bagian, serta pejabat pemerintah federal untuk membahas masalah tersebut.

Dikutip dari Business Ghana, Rabu (25/4/2018) sejak awal tahun, penyakit tersebut menewaskan sedikitnya 90 orang di Nigeria dan lebih dari 1.000 kasus telah dilaporkan di seluruh negeri.

Gejala demam Lassa dapat termasuk demam, kelelahan, mual, muntah, diare, sakit kepala, sakit perut, radang tenggorokan dan wajah bengkak.

Virus ini bisa menular kepada orang yang memakan tikus yang terinfeksi, atau melalui makanan terkontaminasi oleh kotoran tikus atau air kencing. Virus ini juga dapat ditularkan melalui kontak dengan cairan tubuh dari orang yang terinfeksi.

Sementara itu, jadwal Haji di Arab Saudi akan berlangsung pada bulan Agustus tahun ini. Terhitung lebih dari 90.000 Muslim Nigeria dilaporkan pergi berziarah ke tanah suci tahun lalu. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here