Apple Usulkan 13 Emoji Baru Untuk Penyandang Disabilitas 

681
Apple usulkan emoji baru untuk penyandang disabilitas (Photo: Istimewa)

Jakarta, Muslim Obsession – Apple telah mengajukan proposal ke Unicode Consortium, organisasi nirlaba yang menetapkan standar global untuk emoji, guna mengusulkan 13 emoji baru mewakili penyandang disabilitas.

Dilansir USA Today, Senin (26/3/2018), emoji yang diusulkan di antaranya emoji telinga dengan alat bantu dengar, seseorang di kursi roda, lengan prostetik, dan orang memakai tongkat.

“Saat ini, emoji menyediakan berbagai pilihan, tetapi mungkin tidak mewakili pengalaman para penyandang cacat (disabilitas),” tulis Apple dalam proposal tersebut.

Apple mengatakan, mereka memilih opsi yang paling inklusif untuk orang-orang dalam empat kategori utama. Yaitu, buta dan penglihatan rendah, tuli dan sulit mendengar, cacat motor fisik dan cacat tersembunyi.

Namun, perusahaan mencatat hal ini dirancang sebagai titik awal, bukan daftar komprehensif dari semua potensi penyandang disabilitas.

Dalam menyusun proposal tersebut, Apple mengatakan pihaknya berkonsultasi dengan organisasi-organisasi ternama untuk para penyandang disabilitas, seperti American Council of the Blind, Cerebral Palsy Foundation dan National Association of the Deaf.

“Pertama-tama, emoji harus diadopsi oleh Unicode. Setelah lembaga non-profit melepaskan panduannya, pembuat perangkat lunak seperti Apple dan versi desain Google akan mendesain untuk platform masing-masing. Itu sebabnya emoji terlihat berbeda di Android dan iOS,” ujarnya.

Awal tahun ini, Unicode akan meluncurkan 157 emoji. Penambahan terbaru termasuk hewan, superheros, gaya rambut baru dan wajah smiley yang lebih ekspresif.

Dalam beberapa tahun terakhir, ada dorongan yang lebih besar untuk memasukkan emoji yang lebih beragam, seperti warna kulit, pekerjaan, dan bendera dari berbagai negara. (Vina) 

 

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here