Apakah Orang Mati Bisa Lihat Orang yang Hidup? Ini Jawaban Quraish Shihab

219

Jakarta, Muslim Obsession – Bagi mereka yang sudah ditinggal mati oleh keluarganya sangat dianjurkan untuk selalu berkirim doa, disertai membaca Surah Al-Fatihah ataupun Yasin. Doa menjadi penting untuk kebahagian ahli kubu bahagia di alam barzah?

Lalu, apakah para ahli kubur, khususnya keluarga kita yang sudah meninggal dapat melihat anggota keluarganya yang masih hidup di dunia? Ini adalah pertanyaan Baim Wong yang diajukan kepada ulama Tafsir Quraish Shihab.

Baim juga bertanya perihal amalan apa yang akan sampai kepada ibunya yang sudah meninggal selain mendoakannya.

“Kemarin kan mama saya baru meninggal. Kadang-kadang selain yang biasa kita lakuin kan (baca) Yasin. Ibadah selain itu yang kena langsung ke alam kubur apa?” tanya Baim seperti dikutip dari channel YouTubenya, Baim Paula.

Quraish Shihab mengatakan, mengirim doa, membaca Surah Al-Fatihah dan Yasin sudah baik serta memang sewajarnya dilakukan. “Itu sudah bagus, baca Yasin, doa, Fatihah itu mutlak. Sekarang begini, beliau dia (yang sudah meninggal) sebenarnya hidup. Di alam barzah hidup, dia lihat kita,” ujar Quraish.

Lalu di mana alam barzah berada?

Mantan Menteri Agama pada Kabinet Pembangunan VII itu menuturkan bahwa alam tersebut terletak di tengah, diapit oleh dunia dan akhirat. Sehingga bagi orang yang sudah meninggal mereka dapat melihat semua manusia selama di dunia.

“Alam ini (barzah) buat yang sudah meninggal matanya sangat tajam. Kalau kita tidak bisa lihat, dia bisa lihat,” terangnya.

Oleh karena itu, bagi manusia yang masih hidup jangan pernah mempermalukan keluarganya dengan amal dan perbuatan buruk. Sehingga seseorang yang sudah di alam barzah akan merasa sedih.

“Kalau kita yang di dunia itu ada pesan, jangan permalukan keluargamu dengan perlakuan amal burukmu. Nanti dia sedih. Lalu bagaimana cara dia senang? Dia punya teman-teman waktu masih hidup, kunjungi temannya. Kirimkan (hadiah atau silaturahmi) untuk temannya itu (maka) senang dia (ahli kubur) di sana,” kata Quraish. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here