Apakah Darah Nyamuk Najis?

89
Ilustrasi: Nyamuk.

Oleh: Drs. H. Tb. Syamsuri Halim, M.Ag (Pimpinan Majelis Dzikir Tb. Ibnu Halim dan Dosen Fakultas Muamalat STAI Azziyadah Klender)

Pertanyaan soal darah nyamuk beberapa kali ditanyakan, apakah ia termasuk najis atau tidak?

Darah nyamuk jika itu darah karena dimuntahkan oleh nyamuk di baju, maka dimaafkan. Akan tetapi jika dibunuh dengan cara dipencet atau dipukul sehingga darahnya jadi banyak dan melebar, maka hal itu tidak dimaafkan.

Jadi, shalatnya tidak batal jika nyamuk itu memuntahkan sedikit darah di baju, namun jadi najis jika nyamuk itu dibunuh.

BACA JUGA: 

Musik, Apakah Haram?

Khatib dan Imam Shalat Jumat, Haruskah Orang yang Sama?

وَيَبْقَى الْكَلَامُ فِيمَا إذَا مَرَّتْ الْقَمْلَةُ بَيْنَ أَصَابِعِهِ هَلْ يُعْفَى عَنْهُ أَوْ لَا وَالْأَقْرَبُ عَدَمُ الْعَفْوِ لِكَثْرَةِ مُخَالَطَةِ الدَّمِ لِلْجِلْدِ ع ش وَفِي الْكُرْدِيِّ عَنْ الْإِرْشَادِ وَلَا تَبْطُلُ بِدَمِ نَحْوِ بُرْغُوثٍ وَبَثْرَتِهِ مَا لَمْ يَكْثُرْ بِقَتْلٍ وَعَصْرٍ ا هـ

“Pembahasan yang tersisa mengenai masalah bila seekor nyamuk hinggap di antara jemari orang shalat apakah najisnya diampuni? Pendapat yang mendekati kebenaran tidak dimaafkan karena bercampurnya darah pada kulit. Dan dalam Al-Kurdy dari Al-Irsyad dijelaskan dan shalat tidak batal akibat darah semacam kutu atau jerawat selagi tidak banyak yang bukan akibat ia bunuh (kutunya) atau pencet (jerawatnya). [Tuhfah al-Muhtaaj VI/340].

Demikian penjelasan singkat tentang darah nyamuk. Namun, agar kita bisa beribadah dengan tenang, sebaiknya pastikan terlebih dahulu bahwa baju yang akan digunakan terbebas dari najis. Begitu pula saat kita shalat, hindari memukul nyamuk supaya darahnya tidak mengotori pakaian shalat.

Wallaahu a’lamu bish shawaab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here