Apakah Aqidah Asy’ariyah Sama Dengan Aqidah Salafi?

1381
Buya Yahya, Pengasuh Lembaga Pengembangan Dakwah dan Pondok Pesantren Al-Bahjah Cirebon.

Jakarta, Muslim Obsession – Pertanyaan mengenai persamaan Aqidah Asy’ariyah dengan Aqidah Salafi atau Wahabi menjadi salah satu pertanyaan dari jamaah  Buya Yahya.

Salah satu jamaah tersebut menanyakan apakah sama Aqidah Asy’ariyah dengan Aqidah yang dibagi tiga, yaitu Uluhiyah, Rububiyah dan Asma’ Was-shifat?

Karena menurut penanya, aqidah yang tiga tersebut biasa dianut oleh golongan yang biasa membid’ahkan, mengkafirkan sesama muslim.

Buya Yahya menjelaskan, paham Asy’ari tidak pernah membagi tauhid menjadi tiga bagian. Aqidah Asy’ariah adalah aqidah yang sudah dianut mayoritas ulama dunia, diantaranya Amirul Mu’minin Filhadits Imam Ibnu Hajar Al-Asqalani r.a. dan Imam Nawawi r.a. yang kitab-kitab mereka sudah tersebar dan dibaca oleh umat islam di penjuru dunia.

“Pembagian tauhid rububiyah, uluhiyah dan asma was-shifat adalah pembagian yang tidak ada di dalam aqidah Asy’ariyah. Benar yang Anda katakan pembagian tauhid ini adalah aqidahnya orang yang suka membid’ahkan orang lain dan telah terbukti secara ilmiah kebatilan cara pembagian tauhid menurut cara mereka ini,” kata Buya Yahya, seperti dikutip dari buyayahya.org, Jumat (11/10/2019).

Buya melanjutkan, ada maksud di dalam pembagian ini, khususnya di dalam masalah tauhid asma wasifat, yaitu karena kelompok sesat ini ingin mengeluarkan faham Asy’ariyah dari kelompok kaum Muslimin yang benar.

“Khususnya berkenaan dengan ayat-ayat sifat atau ayat-ayat mutasyabihat, berkenaan dengan masalah boleh tidaknya ta’wil,” pungkasnya. (Way)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here