Apa Hukum Membaca Al-Fatihah untuk Orang yang Sudah Meninggal Dunia?

455
Surah Al-Fatihah.

Muslim Obsession – Dalam kehidupan masyarakat, sudah lumrah dilaksanakan tahlilan untuk mendoakan orang yang sudah meninggal dunia. Di antara doa tersebut, tidak ketinggalan Surat Al-Fatihah yang selalu dibacakan bersama-sama.

Dikutip dari laman resmi Buya Yahya, Selasa (22/12/2020) tahlilan adalah membaca ayat suci Al-Quran dan kalimat-kalimat dzikir.

Kemudian setelah itu berdoa memohon kapada Allah agar pahala bacaan Al-Quran dan dzikir tersebut diberikan oleh Allah kepada orang yang telah meninggal dunia.

Baca Juga: 7 Rahasia Surat Al-Fatihah, Benarkah Baik untuk Kesehatan Jantung?

Sudah disepakati para ulama bahwa hal itu adalah hal yang diperkenankan, dan dengan kemurahan Allah orang yang meninggal dunia akan mendapatkan pahala tersebut.

Adapun membaca Al-Fatihah, menurut Buya adalah seperti hadits yang diriwayatkan Imam Muslim bahwa yang membaca satu huruf dari surat Al-Fatihah dibarengi dengan permohonan kepada Allah maka Allah akan mengkabul doa tersebut.

Baca Juga: Kisah di Balik Tujuh Huruf yang Tidak Ada di Surah Al-Fatihah

“Lihat hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam shahih Muslim Hadits no: 1339. Itulah kenapa para ulama setiap mengakhiri doa atau memulai doa membaca “Al-Faatihah..,” yaitu agar dikabul doanya. Wallahu A’lam bish Shawab,” ungkap Buya. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here