Antisipasi Corona, Pintu Kecil Masjidil Haram Bakal Ditutup

185
Sheikh Abulrahman Al-Sudais (Foto: Arabnews)

Makkah, Muslim Obsession – Kepala Presidensi Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci Syaikh Abdulrahman bin Abdulaziz As-Sudais mengeluarkan intruksi untuk menutup pintu-pintu masuk kecil di Masjidil Haram di Makkah, sebagai bagian dari langkah-langkah pencegahan virus corona.

“Ini sebagai kelanjutan dari tindakan pencegahan untuk membatasi penyebaran virus corona (Covid-19) yang diambil oleh Presidensi Umum Masjid Suci dan Masjid Nabawi, untuk menjaga keamanan jamaah,” katanya dalam pernyataannya, seperti dilansir di Alarabiya, Senin (23/3/2020).

Selain itu, Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz juga memberlakukan jam malam mulai jam 7 malam hingga pukul 6 pagi dalam jangka waktu 21 hari, dan efektif mulai Senin malam (23/3) demi membatasi penyebaran virus corona di Kerajaan.

Kementerian Dalam Negeri harus mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menerapkan jam malam, dan semua otoritas sipil dan militer harus bekerja sama sepenuhnya dengan Kementerian dalam hal ini.

Pihak berwenang mendesak warga untuk tinggal di rumah selama jam malam, dan tidak bepergian ke luar kecuali sangat mendesak.

Ka’bah di Masjidil Haram terlihat hampir kosong dari jamaah setelah otoritas Saudi menangguhkan umrah di tengah kekhawatiran wabah virus corona.

Arab Saudi menghentikan semua ibadah di halaman luar dari dua masjid suci di Makkah dan Madinah pada Jumat lalu sebagai bagian dari upaya menghentikan penyebaran virus corona.

Tiga kasus baru dilaporkan di Damman, tiga lainnya ditemukan di al-Qatif, sedangkan dua ditemukan di Jizan. Satu kasus tambahan ditemukan di Najran dan satu kasus lainnya juga dilaporkan di al-Qunfuthah. Arab Saudi juga mengonfirmasi total 19 orang di Saudi tersebut telah pulih dari virus corona.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here