Anjing Masuk Masjid, Bagaimana Hukum Shalat di Sana?

1945
Anjing

Jakarta, Muslim Obsession – Baru-baru ini heboh berita tentang seseorang yang membawa anjing ke sebuah masjid. Lantas timbul pertanyaan-pertanyaan, apa hukum shalat di tempat yang (sering) dilalui oleh anjing. Lalu bagaimana bila anjing kencing di rumah kita? Berikut jawabannya!

Terkait dengan tempat yang sering dikunjungi oleh anjing, tidak berarti bahwa diharamkan shalat di sana. Menurut Ustadz Jimmy Mu’tasim Billah, Pengasuh Ponpes Darul Hijroh Buntet, fakta bahwa seekor anjing melewati suatu tempat tidak serta-merta membuat tempat itu najis atau tidak murni.

Dalam suatu hadist riwayat Ibnu Umar disebutkan:

قَالَ قَالَ ابْنُ عُمَرَ كُنْتُ أَبِيتُ فِي الْمَسْجِدِ فِي عَهْدِ رَسُولِ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم وَكُنْتُ فَتًى شَابًّا عَزَبًا وَكَانَتِ الْكِلاَبُ تَبُولُ وَتُقْبِلُ وَتُدْبِرُ فِي الْمَسْجِدِ فَلَمْ يَكُونُوا يَرُشُّونَ شَيْئًا مِنْ ذَلِكَ

Aku (Ibnu Umar) biasa tidur di masjid di zaman Rasulullah ketika aku masih muda dan bujangan. Anjing-anjing sering buang air kecil dan masuk ke masjid, dan tidak ada (sahabat) yang memercikkannya (membersihkannya) dengan air (HR. Sunan Abi Dawud no. 382).

Dalam hadits lain disebutkan:

قَالَ كَانَتِ الْكِلاَبُ تَبُولُ وَتُقْبِلُ وَتُدْبِرُ فِي الْمَسْجِدِ فِي زَمَانِ رَسُولِ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم فَلَمْ يَكُونُوا يَرُشُّونَ شَيْئًا مِنْ ذَلِكَ‏

Selama masa hidup Rasulullah, anjing-anjing biasa buang air kecil, dan melewati masjid-masjid (datang dan pergi), tetapi mereka (sahabat) tidak pernah memercikkan air di atasnya (urin anjing) (HR. Bukhari no. 174).

Kedua hadist di atas menjelaskan bahwa jika anjing masuk ke masjid tidak berarti bahwa seseorang tidak diperbolehkan shalat di sana, dan masjid tidak menjadi najis.

Dalam fikih Syafi’i, menjadi najisnya suatu tempat sebab bersentuhan dengan anjing, disyaratkan salah satunya dalam kondisi basah. Sehingga jika anjing masuk ke masjid dan tidak diketahui secara pasti menjilat-jilat karpet dan semisalnya di area masjid, maka masjid tersebut tetap dihukumi suci.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here