Animo Umat Islam Kembali ke Masjid Membludak

254
Jamaah Shalat Jumat di Masjid Al-Azhar As-Syarief BSD tampak membludak hingga pelataran masjid, Jumat (5/6/2020). (Foto: istimewa)

Muslim Obsession – Pelaksanaan Shalat Jamaah pertama kali sejak pemerintah membuka kembali aktivitas di tempat ibadah disambut antusias umat Islam, Jumat (5/6/2020).

Di sejumlah masjid, animo umat Islam sangat terlihat dengan memenuhi masjid tempat digelarnya Shalat Jumat.

Di Kawasan Bumi Serpong Damai (BSD) Tangerang Selatan, jamaah Shalat Jumat memenuhi Masjid Al-Azhar As-Syarief hingga pelataran dan area parkir. Jamaah datang dengan mengenakan masker dan sajadah masing-masing.

“Saya kira wajar umat Islam menyambut dengan antusias Shalat Jumat kali ini. Maklum saja, mereka sudah sangat rindu untuk kembali ke masjid untuk bisa shalat berjamaah. Apalagi selama lebih dari dua bulan mereka juga tidak melaksanakan Shalat Jumat,” ujar Ketua Umum Kerukunan Keluarga Muslim BSD (KKMB) H. Usamah Hisyam.

Menurut Usamah, DKM Masjid Al-Azhar As-Syarief pun sudah sangat siap dengan digelarnya Shalat Jumat kali ini. Pengurus sudah menyiapkan marka physical distancing yang diatur dalam protokol kesehatan disamping kelengkapan lain seperti hand sanitizer yang juga disiapkan.

“Sebelumnya pengurus juga sudah mengimbau agar jamaah mengenakan masker dan membawa alas shalat atau sajadah masing-masing dari rumah. Ini bagian penting karena pengurus masjid juga berkewajiban melakukan edukasi kepada umat perihal protokol kesehatan demi kebaikan bersama,” jelasnya.

Antusiasme warga juga tampak di Masjid Raya Telaga Kahuripan (MRTK) Kemang, Kab. Bogor. Takmir masjid bahkan menyediakan masker bagi jamaah yang terlihat datang tanpa mengenakannya.

“Kami sudah melakukan persiapan yang sebenarnya rutin dilakukan, seperti penyemprotan disinfektan yang dilakukan berkala. Kami juga menyiapkan hand sanitizer bagi jamaah dan marka physical distancing hingga thermo gun. Ini semua untuk kenyamanan jamaah,” ungkap Jalu Cahyanto, salah seorang pengurus takmir MRTK.

Jalu menambahkan, kesadaran warga khususnya umat Islam semakin baik. Ia pun optimis jika warga dapat beradaptasi dengang baik menghadapi new normal.

“Memang masih ada yang perlu diberi pemahaman, tapi itu minim. Sebagian besar warga di perumahan kami insya Allah sudah bisa beradaptasi,” tandasnya. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here