Anggaran Pendidikan Agama Rp2,6 Triliun Dialihkan untuk Corona

247

Jakarta, Obsessionnews.com – Banyak anggaran pemerintah yang kini dialihkan untuk penanganan corona. Jumlahnya bahkan mencapai triliunan rupiah. Kementerian Agama termasuk salah satu kementerian yang turut mengalihkan anggarannya untuk corona.

Plt Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Agama (Kemenag), Nizar Ali, mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan Rp 2,6 triliun dana di Kemenag untuk digunakan membantu menangani penanganan wabah virus Corona (COVID-19). Dana Rp 2,6 triliun itu berasal dari fungsi pendidikan dan fungsi agama.

“Dari komunikasi Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dana Rp 2,6 triliun tadi itu angka riilnya Rp2.649.558.712, untuk komponen perubahan dari semula anggaran Kementerian Agama Rp 65.060.948.695 menjadi Rp 62.411.389.983,” ujar Nizar saat rapat kerja bersama Komisi VIII DPR secara daring, Rabu (8/4/2020).

“Jadi pengurangannya ada yang dialokasikan untuk COVID ini adalah Rp 2.649.558.712, fungsi pendidikan itu Rp 2,2 triliun, kemudian untuk fungsi agama Rp 400 miliar,” sambungnya.

Meski demikian, Nizar mengaku belum dapat menjelaskan secara rinci mengenai anggaran apa saja yang akan berubah dari fungsi pendidikan dan agama. Sebab, kata Nizar, draf perubahan baru diterima pagi tadi.

“Baru saya terima tadi pagi dan besok akan kami nunggu Kementerian Keuangan koordinasi lebih lanjut detailnya,” ucapnya.

Banyaknya kementerian atau institusi yang ingin mengalihkan anggaran untuk corona ini patut diapresiasi. Tapi jangan sampai dana kebencanaan itu tidak digunakan tepat sasaran atau sebagaimana mestinya. Malah justru jadi ladang korupsi baru. Apalagi jumlahnya mencapai triliunan rupiah. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here