Angelina Jolie Kunjungi Pengungsi Rohingya

82
Angelina Jolie (Foto: The Daily Star)

Bangladesh, Muslim Obsession – Aktris Hollywood yang juga utusan Khusus badan PBB untuk urusan pengungsi (UNHCR), Angelina Jolie, mengunjungi pengungsi Rohingya di Bangladesh.

Dalam kunjungan tersebut, Angelina Jolie bertemu dengan anak-anak dan perempuan Rohingya untuk mendengarkan kesaksian mereka yang menjadi korban kekerasan saat melarikan diri dari Rakhine, Myanmar ketika krisis bersenjata pecah di negara bagian itu pada 2017 lalu.

Dalam kunjungan yang dijadwalkan berlangsung selama lima hari, Jolie juga menilai kebutuhan kemanusiaan para pengungsi Rohingya dan beberapa tantangan yang lebih kritis yang dihadapi Bangladesh sebagai tuan rumah para pengungsi.

Di kamp Hoikyang Chakmarkul di Teknaf, Jolie berbicara dengan perwakilan dari sekitar 750.000 orang Rohingya, yang melarikan diri dari Rakhine selama penumpasan militer brutal pada akhir Agustus 2017.

Jolie pertama kali bertemu seorang gadis 10 tahun bernama Haresha dan ingin tahu tentang penderitaannya di Myanmar. Dia juga menanyakan tentang kesejahteraan Haresha dan situasinya di Bangladesh, demikian seperti dikutip dari The Daily Star, Rabu (6/2/2019).

Bintang film itu kemudian pindah ke rumah-285 di Blok-G kamp tempat dia berbicara dengan beberapa perempuan Rohingya yang menghadapi kekerasan seksual di Myanmar. Dia ingin tahu tentang kehidupan mereka di Bangladesh dan bahan bantuan yang mereka terima.

Jolie berbicara dengan beberapa orang Rohingya lainnya dan mendengarkan pengalaman mereka tentang penyiksaan, kekerasan, pembunuhan dan serangan pembakaran di Negara Bagian Rakhine, Myanmar. Dia menerima saran mereka tentang tindakan apa yang harus diambil untuk repatriasi Rohingya yang aman ke tanah air mereka di Bangladesh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here