Angelina Jolie: Jangan Lupakan Mosul!

419

Mosul, Muslim Obsession – Utusan khusus lembaga pengungsi PBB UNHCR, Angelina Jolie mengunjungi Mosul di Irak Utara, Sabtu (16/6/2018). Ia mendesak komunitas internasional untuk tidak melupakan warga yang berusaha membangun kembali kota mereka.

Pasukan Irak merebut Mosul pada bulan Juli 2017 dari militan Daesh, yang telah menduduki kota itu tiga tahun sebelumnya, dalam kampanye militer yang menyisakan 900.000 pengungsi.

Aktris Hollywood itu bertemu keluarga dari Mosul barat dan berjalan melalui jalan-jalan yang dibom. Semua rekaman video dan foto-foto tersebut diabadikan oleh Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR).

Keadaan normal telah kembali di banyak bagian di Mosul, dengan penduduk yang terlantar meninggalkan kamp-kamp di dekatnya dan kembali ke rumah.

Tetapi kota tua di Mosul Barat sebagian besar dihancurkan selama kampanye oleh aliansi 100.000 unit pemerintah Irak yang kuat, pejuang Kurdi Peshmerga dan milisi Syiah yang didukung oleh dukungan udara dari koalisi pimpinan AS.

“Ini adalah kehancuran terburuk yang pernah saya lihat selama bertahun-tahun bekerja dengan UNHCR. Orang-orang di sini telah kehilangan segalanya,” kata Jolie dalam pernyataan PBB seperti dilansir Reuters, Ahad (17/6/2018).

“Mereka miskin. Mereka tidak punya obat untuk anak-anak mereka, dan banyak yang tidak punya air atau layanan dasar. Saya berharap akan ada komitmen berkelanjutan untuk membangun kembali dan menstabilkan seluruh kota. Dan saya menyerukan kepada komunitas internasional untuk tidak melupakan Mosul,” tambahnya.

Jolie telah bekerja untuk UNHCR sejak 2001. Ia mengunjungi warga sipil yang tercerabut dari Irak ke Kamboja dan Kenya. Ini adalah kunjungan kelimanya ke Irak. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here