Aneh, Menteri Nadiem Ternyata Tak Punya Akun Medsos!

447
Mendikbud Nadiem Anwar Makarim. (Foto: medium)

Jakarta, Muslim Obsession – Memiliki akun di media sosial menjadi hal yang wajar di era digital saat ini. Sebaliknya, tak memiliki akun di media sosial, seseorang akan dianggap aneh apalagi jika ia seorang public figure.

Lalu, bagaimana jika sosok ‘aneh’ itu adalah seorang menteri? Ya, faktanya memang demikian. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim ternyata tak memiliki akun medsos. Aneh!

Baca juga:

Prabowo Terpopuler, Nadiem Makarim Paling Banyak Dicari Netizen

Diisukan Nonmuslim, Nadiem Shalat Jumat di Masjid Kemendikbud

Nama Nadiem meroket ketika ia sukses mendirikan perusahaan penyedia jasa ojek online Gojek. Melalui bisnis jasa ini Nadiem menciptakan lapangan kerja bagi banyak orang.

Popularitasnya semakin melambung ketika Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberinya kepercayaan menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) di Kabinet Indonesia Maju. Nadiem dilantik di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Dikutip dari Obsessionnews, setelah resmi menjadi menteri, banyak bermunculan akun medsos yang mengatasnamakan dirinya. Terkait hal itu Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui website kemdikbud.go.id, Senin (28/10), mengumumkan Nadiem tidak memiliki akun medsos pribadi. Untuk itu semua akun media sosial yang mengatasnamakan Nadiem dapat dipastikan bukanlah akun asli yang bersangkutan.

Unggahan atau cuitan yang menyebutkan atau ditujukan kepada Mendikbud Nadiem Makarim dapat dilakukan dengan me-mention atau men-tag akun medsos Kemendikbud, yakni Twitter: @Kemdikbud_RI, Instagram: kemdikbud.ri, Facebook: Kemdikbud.RI, dan YouTube: KEMENDIKBUD.RI

Meski tak memiliki akun medsos, Nadiem ternyata paling banyak dicari oleh para netizen di media sosial (medsos). Selain nama Nadiem, ada nama-nama menteri baru lainya yang juga banyak dicari seperti Edhy Prabowo, Fahrul Razi, Whisnutama dan Erick Thohir.

“Nadiem paling populer dicari. Padahal ia tidak memiliki akun medsos, namanya justru paling dicari di medsos,” kata peneliti Center for Digital Society (CfDS) Fisipol UGM Paska Darmawan saat memaparkan analisis popularitas menteri di Kabinet Indonesia Maju di Gedung BC Fisipol UGM, Selasa (29/10).

Adapun nama menteri yang paling populer di media sosial adalah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang sudah memiliki jumlah pengikut cukup banyak di akun medsos pribadinya.

Meskipun nama Prabowo sebagai menteri paling populer di media sosial, ia tidak termasuk dalam daftar nama yang paling banyak dicari dalam mesin pencari Google. (arh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here