Anda Karyawan yang Ingin Sukses? Jauhkan Tiga Penyakit Ini!

45
Ilustrasi: Karyawan.

Muslim Obsession – Setiap orang, apapun jabatannya pasti ingin sukses dalam karier maupun kehidupannya. Jika jabatan Anda “masih” seorang karyawan atau staf, cobalah sebisa mungkin menjadi yang terbaik di tempat Anda bekerja.

Bagaimana caranya?

Dalam sebuah tulisannya, motivator kondang Jamil Azzaini membagikan resep agar seorang karyawan menjadi yang terbaik di perusahaan tempat ia bekerja.

“Saya yakin, setiap karyawan yang sehat akal dan jiwanya pasti ingin menjadi yang terbaik di perusahaan tempat ia bekerja. Saran saya, jauhi hal-hal yang “diharamkan” bagi Anda yang ingin menjadi bintang di perusahaan Anda. Apa sajakah itu?” ungkapnya lewat tulisan yang diunggahnya di personal web, jamilazzaini.com.

BACA JUGA: Orang Sukses adalah…

Pertama, penyakit BED. Fakta menunjukkan bahwa karyawan yang tidak berkembang atau karirnya mentok memiliki tiga penyakit utama: Blame, Excuse, Denial (BED).

“Mereka punya kebiasaan menyalahkan orang lain. Mereka juga pintar mencari berbagai alasan serta menolak hal-hal baru atau sesuatu yang baik. Mereka terjebak di zona nyaman sehingga enggan menolak perubahan,” jelasnya.

Kedua, meludah di sumur yang airnya Anda minum. Apa artinya? Sudah tahu tiap bulan mendapat gaji atau bayaran dari perusahaan tetapi sering menjelek-jelekkan perusahaan.

“Tidak tahu diri, prestasi tidak seberapa bahkan tidak punya tetapi mulut tidak dijaga. Mau menerima bayaran tetapi tidak mau menerima pekerjaan. Rasa malunya seolah sudah sirna dari dirinya,” beber Jamil.

BACA JUGA: Gus Baha: Kunci Sukses Sosialisasi adalah Saling Memaafkan

Ketiga, “silo” alias hanya mementingkan dirinya sendiri atau timnya. Perusahaan itu ibarat satu kapal, satu dengan lain saling tergantung dan membutuhkan.

Menurut Jamil, tidak boleh penumpang bagian bawah mengambil air dengan cara melubangi kapal. Mudah bagi dirinya tetapi bisa mencelakakan semua penumpang kapal.

“Tentu yang “diharamkan” bagi Anda sebagai karyawan masih banyak. Namun apabila Anda meninggalkan tiga hal tersebut di atas beban negatif yang Anda bawa untuk berhasil dalam karir semakin ringan. Peluang Anda layak menjadi bintang semakin terbuka lebar. Cobalah…” pungkasnya. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here