Analisis SWOT Ala Nabi

3286

Muslim Obsession – Dalam Ilmu Manajemen modern, dikenal istilah Analisis SWOT. Yaitu, sebuah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats).

Teknik ini dibuat oleh Albert Humphrey yang memimpin proyek riset pada Universitas Stanford, pada tahun 1960-an dengan perusahaan Fortune 500.

Namun siapa sangka, ternyata teknik ini sudah belasan abad lalu dilakukan oleh Nabi Saw. dalam dunia militer dan perang.

Misalnya saja, pada Perang Badar. Nabi melakukan rapat analisa guna menentukan strategi yang tepat untuk meraih kemenangan. Saat itu, Nabi menentukan sebuah tempat.

Namun, ada sahabat yang usul untuk mengambil mata air sebagai penguasaan bisnis medan pertempuran.

Sedangkan dalam perang Ahzab, Salman mengusulkan strategi parit untuk menghadapi pasukan musuh. Dimana, hal itu sama sekali baru di negeri Arab.

Yang paling monumental adalah kepiawaian Nabi mengatur strategi hijrah.

Tujuan hijrah adalah pergi ke Madinah. Demi keamanan, Abu Bakar sebagai sahabat karib yang jujur, terpilih sebagai pendamping Nabi.

Sedangkan Ali bin Abi Thalib, sang pemuda tangguh dan pemberani, ia menggantikan Nabi di tempat tidurnya untuk mengecoh musuh.

Kemudian, ditentukanlah Gua Tsur sebagai tempat aman sementara ketika itu.

Yang paling mempesona adalah Asma puteri Abu Bakar. Perempuan yang dijuluki pemilik dua sabuk, sebagai penyuplai logistik.

Ia mempersiapkan perbekalan untuk Rasulullah Saw. dan ayahnya. Asma dengan cekatan, membelah ikat pinggangnya menjadi dua. Satu untuk mengikat dan mengangkat makanan Rasullah Saw. dan ayahnya. Sedangkan satu potong lainnya, tetap ia gunakan sebagaimana layaknya perempuan lain.

Di samping itu, saudaranya Abdullah bin Abu Bakar bertugas sebagai pengembala kambing, untuk mengendus musuh dan menghilangkan jejak.

Selanjutnya, Amir bin Fuhairah sebagai pemegang rahasia Rasul dan kaum muslimin. Ada juga Abdullah bin Uraiqith sebagai penunjuk jalan.

Terakhir, ditentukannya target waktu keluar dari Gua Tsur selama tiga hari. Demikianlah, bukti bahwa analisis SWOT telah lama Nabi ajarkan kepada kita. (Vina)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here