Anak-Anak “Rantau” Harus Hafal Ayat Pendek Al-Quran

1098
Ilustrasi mengaji

Sawahlunto, Muslim Obsession – Anak-anak Minang yang memiliki tradisi merantau pergi ke negeri orang untuk mencari ilmu dan mencari nafkah, hendaknya harus dibekali dengan ilmu agama, terutama menghafal ayat-ayat pendek dalam Al-Quran.

Kebiasan menghapal ayat-ayat pendek Al-Quran ini perlu dibiasakan dan dimulai dari rumah. Selain itu, peran orangtua dalam menciptakan kebiasaan baik ini juga tak kalah penting.

Demikian disampaikan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno beberapa waktu lalu. Irwan mengimbau para orangtua menyempatkan waktu membimbing anak-anak terutama yang masih TK dan SD agar menambah hafalan surat-surat pendek dalam Al-Quran.

“Orangtua bisa mengajarkan dan membimbing anaknya untuk hafal 1 atau 2 ayat pendek dalam sehari,” tutur Irwan.

Irwan menegaskan, para orangtua tidak bisa hanya mengandalkan pelajaran di sekolah dan Tempat Pengajian Al-Quran (TPA) saja, karena waktu anak-anak lebih banyak di rumah daripada di sekolah.

Menurutnya, modal hafal Al-Quran bagi anak-anak terutama anak-anak Minangkabau merupakan modal penting. Ia meyakini, bila anak-anak Minang sudah dekat dengan Al-Quran, akan membuat anak-anak semakin terbuka untuk mendalami ilmu agama. Sehingga ketika dewasa, anak-anak bisa menangkal segala bentuk pemikiran dan ajaran menyimpang.

“Karena modal kehandalan membaca Al-Quran dapat menjadi pegangan dunia akhirat saat mereka sudah dewasa. Terlebih anak-anak Minang punya tradisi merantau pergi ke negeri orang untuk mencari ilmu dan mencari nafkah,” pungkasnya. (Way)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here