Amany Lubis, Lahir Dari Keluarga Akademisi

3693
Ketua Bidang Perempuan, Remaja dan Keluarga MUI Amany Lubis
Ketua Bidang Perempuan, Remaja dan Keluarga MUI Amany Lubis (Foto: Edwin Budiarso)

Jakarta, Muslim Obsession – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin melantik Prof. Dr. Hj. Amany Burhanuddin Umar Lubis, MA sebagai rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta periode 2019-2023, di Operation Room Kantor Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Senin (7/1/2019).

Amany Lubis, demikian nama yang populer, merupakan guru besar Sejarah Politik Islam di Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.

Prof. Amany lahir dari keluarga akademisi, seturut ibunya yakni Prof. Dr. Nabilah Lubis yang memiliki capaian kerja yang sangat luar bisasa.

Prof. Nabilah merupakan perintis perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Beliau sendiri adalah doktor perempuan pertama di IAIN Jakarta pada tahun 1992. Setelah menjadi doktor, dua tahun kemudian Prof. Quraish Shihab (waktu itu sebagai rektor) segera melantiknya di tahun yang sama sebagai Dekan Fakultas Adab dan Humaniora.

Prof. Nabilah mulai perjalanan peningkatan pendidikannya lewat belajar studi naskah (filologi) di Universitas Indonesia. Sistem yang ada di UI saat itu membuat beliau tidak melewati tingkat strata dua (magister), namun langsung tingkat doktoral. Di UI, di bawah bimbingan Prof. Achadiati Ikram, beliau sudah memulai untuk meneliti naskah kitab Zubdat Al-Asrar karya Syaikh Yusuf al-Makassari.

Wanita asal Mesir ini, berhasil menembus perbedaan ras dan budaya dengan membina keluarga yang harmonis serta mengantarkan keberhasilan kepada empat putra putrinya dalam bidangnya masing-masing; ilmuwan, birokrat, entertainer, dan aktivis pergerakan Islam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here