Amalan Penolong Saat di Alam Kubur

6023
Kuburan (Foto: Istimewa)

Muslim Obsession – Setelah manusia melewati kehidupan di dunia, maka kehidupan yang selanjutnya adalah kehidupan di alam kubur. Di alam kubur, tidak ada satu orang pun bisa menemani kita. Bahkan harta benda akan meninggalkan kita di dalam kubur sendirian.

Pastinya semua orang pernah melihat bagaimana keadaan di dalam tanah yang menjadi naungan sementara. Di dalam kubur kita akan sendirian. Semua keluarga, teman, harta dan benda akan meninggalkan kita. Tidak ada yang bisa menyelamatkan kita selain amal ibadah selama hidup.

Abu Laist As-Samarqandi mengatakan dalam Tanbihul Ghafilin, barang siapa yang ingin selamat dari azab kubur hendaknya ia melakukan empat hal ini, karena itulah yang kelak akan menjadi penerang dalam kubur.

Pertama, menjaga shalat lima waktu. Shalat merupakan amalan pertama yang akan diperhitungkan pada hari kiamat. Dalam sebuah hadist dikatakan

Abu Hurairah ra. berkata, Rasulullah Saw bersabda, “Sesungguhnya amal yang pertama kali dihisab pada seorang hamba pada hari kiamat adalah shalatnya. Maka, jika shalatnya baik, sungguh ia telah beruntung dan berhasil. Dan jika shalatnya rusak, sungguh ia telah gagal dan rugi. Jika berkurang sedikit dari shalat wajibnya, maka Allah Ta’ala berfirman, ‘Lihatlah apakah hamba-Ku memiliki shalat sunnah.’ Maka disempurnakanlah apa yang kurang dari shalat wajibnya. Kemudian begitu pula dengan seluruh amalnya.” (HR. Tirmidzi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here