Allah Ta’ala Senang kepada Hamba-Nya yang Bertaubat

82
Ilustrasi: Taubat.

Muslim Obsession – Allah Ta’ala sangat senang kepada hamba-Nya yang bertaubat. Bahkan senangnya Allah Ta’ala melebihi senangnya seorang hamba yang menemukan kembali sesuatu yang dicintainya.

Dalam sebuah riwayat dari Abu Hamzah Anas bin Malik Al Anshori, pembatu Rasulullah ﷺ, beliau berkata bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, “Sesungguhnya Allah itu begitu bergembira dengan taubat hamba-Nya melebihi kegembiraan seseorang di antara kalian yang menemukan kembali untanya yang telah hilang di suatu tanah yang luas,” (HR. Bukhari dan Muslim).

BACA JUGA:

UAS: Salah Satu Tanda Taubat Diterima

Doa Orang yang Berpuasa Tidak Tertolak

Kisah Pertaubatan Iblis kepada Nabi Musa

Pada redaksi yang lain disebutkan:

“Sesungguhnya Allah sangat gembira dengan taubat hamba-Nya ketika ia bertaubat pada-Nya melebihi kegembiraan seseorang di antara kalian yang berada di atas kendaraannya dan berada di suatu tanah yang luas (padang pasir), kemudian hewan yang ditungganginya lari meninggalkannya. Padahal di hewan tunggangannya itu ada perbekalan makan dan minumnya. Sehingga ia pun menjadi putus asa. Kemudian ia mendatangi sebuah pohon dan tidur berbaring di bawah naungannya dalam keadaan hati yang telah berputus asa. Tiba-tiba ketika ia dalam keadaan seperti itu, kendaraannya tampak berdiri di sisinya, lalu ia mengambil ikatnya. Karena sangat gembiranya, maka ia berkata, ‘Ya Allah, Engkau adalah hambaku dan aku adalah Rabb-Mu.’ Ia telah salah mengucapkan karena sangat gembiranya,” (HR. Muslim).

Di dalam Hadits Qudsiy, Allah Ta’ala berfirman, “Wahai Keturunan Adam, ketika kau berharap dan berdoa kepada-Ku, Ku-hapuskan dosa-dosa kalian dan tidak Ku-pertanyakan lagi, wahai keturunan Adam, walau sampai dosamu memenuhi langit, dan kau mohon ampun pada-Ku, Ku-limpahkan pengampunan-Ku,” (HR Ahmad).

Kutipan beberapa hadits di atas, seyogianya menjadi pelecut bagi kita untuk tidak berputus asa terhadap dosa-dosa yang telah dilakukan.

Sebaliknya, kita mesti semakin bersemangat karena nyatanya Allah Ta’ala senang luar biasa ketika seorang hamba yang berdosa mengakui segala kesalahannya dalam taubatan nasuha. Apalagi saat ini kita berada di dalam bulan mulia yang segala permintaan dalam bentuk doa akan dikabulkan Allah Ta’ala. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here