Alhamdulillah Kini Masjid di Kota London Sudah Bisa Kumandangkan Azan

160

Jakarta, Muslim Obsession – Sejak corona mewabah di Inggris, pemerintah setempat memang memberlakukan aturan yang ketat. Termasuk dalam pelaksanaan ibadah bagi semua umat beragama. Umat Islam pun terkena dampak, karena masjid harus ditutup.

Namun alhamdulillah, kini masjid-masjid di London Timur sudah mulai mengumandangkan azan secara terbuka pada Ramadhan. Hal itu sebagai upaya membantu umat Muslim tetap terhubung dalam ibadah mereka selama lockdown akibat penyebaran COVID-19.

Waltham Forest Council memberikan izin untuk masjid-masjid di London Timur mengumandangkan azan setiap hari, ketika matahari terbenam dan setiap salat Jumat pukul 13.00 siang.

Namun masjid-masjid di London Timur ini tetap memberikan arahan untuk umat Muslim agar beribadah dari rumah saja.

Mengutip abna24.com, Rabu (13/5/2020), azan pertama yang dikumandangkan lewat pengeras suara wilayah itu terjadi saat matahari terbenam pada Senin 12 Mei sebagai pertanda waktu berbuka puasa.

Lalu diikuti oleh pesan satu baris dalam bahasa Arab yang mendorong umat Islam untuk “Beribadah di rumahmu.”

Dalam inisiatif ini, sudah ada sembilan masjid yang turut berpartisipasi menyiarkan suara azan di London Timur. Meski demikian, umat Muslim di sana tidak bisa datang langsung ke masjid.

Terinspirasi dari London Barat

Pihak Waltham Forest Council of Mosques (WFCOM) yang mewakili 70,000 umat Muslim mengatakan bahwa mereka terinspirasi dari masjid-masjid di London Barat.

Masjid-masjid di London Barat telah terlebih dahulu menyiarkan suara azan. Masjid Al-Manaar yang sudah mendapatkan izin Royal Borough of Kensington dan Chelsea.

Masjid di London Utara dan London Muslim Centre yang terdapat di Distrik Whitechapel merupakan tempat yang pertama kalinya mengumandangkan azan dengan pengeras suara di Inggris ketika dibuka pada tahun 1985.

Azan dapat didengar dari masjid untuk panggilan salat antara pukul 07.00 pagi dan 07.00 malam. sepanjang tahun. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here