Alasan Mengapa Kuliner Lobster Bayarnya Mahal?

102

Jakarta, Muslim Obsession – Lobster menjadi jenis makanan yang dikenal elite. Sebab jenis ikan laut ini kerap dihidangkan di rumah makan mewah. Meski di pasar harganya sedang turun, tetap saja kalau sudah disajikan dalam bentuk makanan harganya akan tetap mahal.

Business Insider mencatat, pada 2015 harga lobster per setengah kilogram itu mencapai Rp425 ribuan hingga Rp637 ribu. Harga bisa lebih tinggi tergantung di mana dan kapan makannya.

Ada beberapa spekulasi yang menjelaskan mengapa lobster begitu mahal harganya, salah satunya budidaya lobster itu susah.

Pada kasus Krustasea misalnya, jenis lobster tersebut tumbuhnya lambat namun makannya banyak. Hewan ini pun gampang sekali sakit dan gampang menularkannya ke lobster lain. Lalu, telurnya susah sekali dibesarkan.

Selain karena alasan budidaya, pengiriman lobster pun menjadi tugas besar pengusaha. Sebab, menjaga lobster tetap hidup saat pengiriman itu bukan hal yang mudah.

Lobster yang dikirim dan diharapkan masih hidup itu memerlukan tempat yang dingin dan lembap. Tidak hanya itu, kecukupan oksigen di dalam wadah pengiriman pun perlu diperhatikan supaya lobster tetap bisa bernapas dan hidup.

Jika diambil kasus pengiriman Lobster Maine yang akan dikirim ke California, biaya kirimnya bisa lebih dari Rp567 ribu per ekor. Bisa dibayangkan jika yang dikirim ratusan atau ribuan lobster, berapa biaya yang harus dikirimkan dan itu hanya untuk pengirimannya saja.

Kenapa lobster yang dikirim sebaiknya masih hidup?

Ini ternyata berkaitan dengan rasa saat diolah menjadi makanan. Ya, lobster akan terasa lebih enak saat dimasak hidup-hidup. Tekstur dagingnya akan sangat lebut, beda dengan lobster yang dimasak dalam keadaan mati, dagingnya akan keras dan kenyal.

Alasan lain kenapa lobster perlu dimasak hidup-hidup adalah untuk meminimalisir kontaminasi bakteri dari lobster yang sudah mati.

Sementara itu, alasan lain lobster bisa sangat mahal harga jualnya adalah proses memasak yang membutuhkan teknik khusus.

Ya, daging lobster yang dimasak tidak benar akan sulit terpisah dengan cangkangnya. Karena itu, pada banyak restoran proses memasak lobster itu biasanya menggunakan tekanan air tinggi, jarang sekali digoreng. (Albar)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here