Alasan Keamanan, Ini 8 Negara yang Memblokir WhatsApp

89

Jakarta, Muslim Obsession – Aplikasi media sosial, WhatsApp menjadi media komunikasi yang paling populer karena hampir dipakai oleh seluruh warga dunia. Namun, nyatanya ada sejumlah negara yang menolak menggunakan WhatsApp.

Dengan alasan keamanan, dan semangat nasionalisasi, ada sejumlah negara yang memilih untuk memblokir WhatsApp, dan menggunakan aplikasi lain untuk komunikasi masyarakatnya. Pengin tahu siapa saja negara yang tidak menggunakan WhatsApp, berikut datanya:

1. China

Pemerintah China memblokir WhatsApp karena politik. Terutama karena China memiliki kebijakan sensor yang ketat. Dan tidak hanya WhatsApp, aplikasi seperti Google dan Facebook juga diblokir di China. Namun, sebagai gantinya, China mengembangkan sendiri aplikasi-aplikasi lokal yang bahkan bisa mendunia.

2. Korea Utara

Pemblokiran WhatsApp di Korea Utara menarik. Kabarnya, pemblokiran tersebut justru dilakukan dari sisi WhatsApp. Tidak ada konfirmasi dari pemerintah Korea Utara terkait hal tersebut.

Yang jelas, pemerintah mengawasi komunikasi yang dilakukan di setiap ponsel di warga mereka. Yang unik, di wilayah yang berbatasan dengan Korea Selatan, banyak warga Korea Utara yang menggunakan WeChat untuk berhubungan dengan China. Meski, hal tersebut tetap dilarang.

3. Iran

Pemerintah Iran sudah beberapa kali memblokir WhatsApp. Alasannya, terkait masalah politik. Regulasi terkait sensor internet di Iran juga rumit. Dipengaruhi oleh pemerintah, partai politik, hingga ulama.

4. Suriah

Kondisi politik di Suriah menjadi alasan mengapa WhatsApp di blokir. Para pemberontak menggunakan enkripsi di WhatsApp untuk berkomunikasi, yang membuat pemerintah Siria melakukan pemblokiran aplikasi tersebut.

5. Qatar

Qatar memblokir WhatsApp karena Undang-Undang Telekomunikasi melarang organisasi atau perusahaan asing menyediakan layanan telekomunikasi tanpa izin dari pemerintah.

6. Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab memblokir WhatsApp dan aplikasi media sosial lainnya yang menyediakan layanan VoIP, karena di anggap mengganggu industri telekomunikasi lokal. Karena negara tersebut memiliki banyak pendatang, maka mereka memanfaatkan telepon gratis lewat WhatsApp untuk terhubung dengan sanak saudaranya di negara asal.

7. Zambia

Zambia memblokir WhatsApp, Facebook, dan aplikasi media sosial lainnya karena masalah politik.

8. Kuba

Kuba membatasi akses WhatsApp dan berbagai aplikasi media sosial dengan alasan unik. Bukan karena politik, keamanan, atau sensor. Tapi, pemerintah Kuba membatasi layanan WhatsApp karena biaya menggunakan internet di Kuba sangat mahal, bahkan lebih mahal dari UMR warga Kuba. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here