Akui Yerusalem Ibu Kota Israel, Palestina Kutuk Australia

324

Jakarta, Muslim Obsession – Australia secara resmi mengakui Yerusalem Barat sebagai ibu kota Israel, membalikkan kebijakan Timur Tengah selama puluhan tahun pada Sabtu (15/12/2018).

Australia juga mengatakan akan membuka kantor pertahanan dan perdagangan di sebelah barat kota suci.

Sementara itu, Perdana Menteri Australia Scott Morrison juga berkomitmen untuk mengakui masa depan negara Palestina dengan Jerusalem timur sebagai ibu kotanya.

Dilansir Reuters, baik Israel dan Palestina mengklaim Yerusalem sebagai ibu kota mereka.

Namun, sebagian besar negara asing menghindari untuk memindahkan kedutaan di sana. Apalagi sejak Trump secara sepihak memindahkan kedutaan AS di Yerusalem pada awal tahun 2017.

Di samping itu, Pejabat senior Palestina, Saeb Erekat, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa keputusan Australia untuk membuka kantor perdagangan di kota itu melanggar resolusi PBB.

“Sejak awal, kami telah merasakan keputusan pemerintah Australia untuk mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel, sebagai salah satu tempat politik domestik yang picik mengarahkan kebijakan yang tidak bertanggung jawab dan bertentangan dengan perdamaian dan keamanan dunia,” katanya dalam sebuah pernyataan. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here