Akibat Mengerikan Sering Pinjam Helm, dari Kutuan sampai…

327

Lakukan ini untuk mencegahnya

Agar Anda terhindar dari gangguan kesehatan akibat sering pinjam atau pakai helm orang lain, lakukan ini:

Rutin membersihkan rambut

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah rajin membersihkan kulit kepala dan rambut.

“Membersihkan rambut menggunakan sampo dan kondisioner yang sesuai dengan jenis kulit kepala Anda setelah menggunakan helm orang lain akan menurunkan risiko gangguan kesehatan yang tadi disebutkan. Lakukan secara rutin dan teratur, agar rambut dan kulit kepala sepenuhnya sehat,” ujar dr. Sepriani.

Pakai hair cap

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mencegah dampak buruk akibat sering meminjam helm orang lain adalah menggunakan hair cap untuk membungkus rambut. Penggunaan hair cap ini sangat direkomendasikan khususnya untuk Anda yang sering menggunakan helm yang disediakan pengemudi ojek.

“Penggunaan hair cap terbilang ampuh untuk melindungi rambut dan kulit kepala dari segala jenis gangguan yang disebutkan tadi. Pasalnya, permukaan bagian dalam helm tidak langsung menyentuh kulit kepala maupun rambut,” pungkas dr. Sepriani.

Oiya, jangan lupa untuk mengganti rutin hair cap secara rutin.

Pilih helm yang tepat

Untuk pengemudi motor atau Anda yang selalu membawa helm ke mana-mana, pilihlah helm yang tepat dari segi kelayakan pakai.

Mengenakan helm yang terlalu ketat, misalnya, dapat menyebabkan traction alopecia atau kerontokan rambut. Hal ini dikarenakan helm yang terlalu ketat akan menarik rambut secara konstan ke arah belakang. Karenanya, pilih helm dengan ukuran yang tepat, tidak terlalu kencang dan tidak terlalu longgar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here