Akhlak Rasulullah Dalam Kehidupan Sehari-Hari

10938
Akhlak Rasulullah (Foto: ims.gs)

Muslim Obsession – Keimanan yang dimiliki seseorang biasanya digambarkan melalui kepribadiannya. Dan salah satu cara untuk mengetahui keimanan seseorang dapat kita lihat dari perilakunya sehari-hari.

Kali ini Muslim Obsession akan menjelaskan sedikit mengenai hubungan keteladanan dan keimanan dan salah satu contoh akhlak yang bisa ditiru dalam kehidupan sehari-hari yaitu akhlak Rasulullah Saw.

Rasulullah Saw. merupakan sosok yang sangat mulia, dengan kepribadiannya yang sangat baik membuat kita sepatutnya mencontoh apa saja yang sudah dilakukan oleh beliau sehingga beliau begitu dicintai oleh banyak orang.

Berikut adalah contoh akhlak Rasulullah Saw. dalam kehidupan sehari-hari yang patut untuk kita contoh.

Akhlak Rasulullah kepada Istri

Rasulullah bersabda:

“Orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya dan sebaik-baik kamu adalah yang paling baik kepada isterinya,” (HR. Tirmidzi).

”Orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang baik akhlaknya dan paling lembut terhadap keluarganya,” (HR. Bukhari).

Sebagai seorang suami sudah sepantasnya menyadari bahwa dalam pandangan Islam sebaik-baiknya seorang lelaki adalah yang lemah dan lembut juga bersikap baik terhadap istrinya. Jadi jika ada suami yang melakukan kekerasan dalam rumah tangga, terhadap istri ataupun anak anaknya maka jelasnya dia bukan lelaki yang baik dalam pandangan Islam.

Memiliki kepribadian yang baik adalah hal utama yang harus dimiliki oleh seorang suami, mengingat dia adalah pemimpin bagi keluarga maka suami bertanggung jawab penuh atas kebaikan dan keburukan yang dilakukan anak dan istrinya. Jadi bila suami ingin memiliki anak dan istri yang baik dalam pandalngan islam, maka terlebih dahulu yang harus dia perbaiki adalah akhlaknya terhadap keluarganya yaitu istri dan anaknya.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here