Air Zam-Zam yang Penuh Manfaat

546
Air Zam-Zam (Foto: Istimewa)

Muslim Obsession – Bagi kaum muslim, pastinya sudah tidak asing lagi dengan air suci yang berasal dari Makkah ini. Ada banyak sekali manfaat air zam-zam . Bahkan air zam zam juga kerap dijadikan oleh-oleh bagi jamaah haji ketika pulang ke tanah air.

Air zam-zam merupakan air yang penuh berkah dan menjadi makanan yang mengenyangkan. Bahkan air zam-zam juga dipercaya sebagai obat dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit. Hal ini telah dijelaskan dalam hadist. Dari Ibnu ‘Abbas, Rasulullah Saw. bersabda:

”Sebaik-baik air yang terdapat di muka bumi adalah zam-zam. Di dalamnya terdapat makanan yang mengenyangkan dan penawar penyakit.”

Disebutkan dalam hadits bahwasanya keutamaan air zam-zam akan nampak tergantung dari niat orang yang meminumnya. Dalam suatu hadits disebutkan, bahwasanya Dari Jabir berkata:

“Saya mendengar Rasulullah bersabda, ‘Air zam-zam itu tergantung niat orang yang meminumnya”.

Dijelaskan pula dari Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Saw. bersabda:

Air Zam-Zam sesuai dengan niat ketika meminumnya. Bila engkau meminumnya untuk obat, semoga Allah menyembuhkanmu. Bila engkau meminumnya untuk menghilangkan dahaga, semoga Allah menghilangkannya. Air zam-zam adalah galian Jibril, dan curahan minum dari Allah kepada Ismail.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here