Air Kelapa Bisa Membersihkan Paru-Paru? Yuk, Cek Faktanya!

5265
Air kelapa

Muslim Obsession – Beredar sebuah postingan di media sosial yang memberikan informasi bahwa air kelapa dapat membersihkan paru-paru.

Faktanya setelah dilakukan penelusuran, dilansir dari Kominfo, Kamis (28/11/2019) Profesor dr Faisal Yunus, PhD, SpP(K), dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) menegaskan bahwa informasi tersebut tidak benar.

Faisal mengatakan bahwa sampai saat ini belum ada data penelitian mengenai hal tersebut. Faisal juga menjelaskan bahwa cara terbaik untuk menjaga kesehatan paru-paru adalah dengan mengurangi paparan polusi dan olahraga.

Asap rokok disebut Prof Faisal jadi kontributor terbesar terhadap kasus penyakit paru-paru seperti kanker hingga penyakit paru obstruktif kronis (PPOK).

Dikutip dari Alo Dokter, sejauh ini tidak terdapat penelitian yang menunjukkan makanan atau minuman tertentu bermanfaat untuk membersihkan (detoksifikasi) paru-paru. Secara umum air kelapa dikategorikan sebagai makanan atau minuman sehat dan umumnya tidak menimbulkan masalah kesehatan bila dikonsumsi secara wajar.

Manfaat air kelapa yang terbukti secara ilmiah adalah sebagai sarana rehidrasi (pengisian kembali cairan tubuh) yang baik. Air kelapa juga diserap pada saluran cerna dan tidak melewati paru-paru sama sekali sehingga sangatlah kecil kemungkinan air kelapa memiliki manfaat untuk membersihkan paru.

Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu seperti gangguan paru, akan lebih baik Anda tidak melakukan pengobatan alternatif atau menangani keluhan Anda secara sendiri dan memeriksakan diri Anda ke dokter agar mendapat penanganan yang sesuai dengan kondisi Anda. (Vin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here