Ahmad Rusdi Terpilih Sebagai Ketua Komite Pramuka Asia Pasifik

745
Ahmad Rusdi - Pramuka
Tengah Ahmad Rusdi Ketua Komite Pramuka Asia Pasifik. (Foto dokumentasi Kwarnas)

Jakarta, Muslim Obsession – Wakil Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Bidang Hubungan Luar Negeri Ahmad Rusdi terpilih sebagai Ketua Komite Pramuka Asia Pasifik dalam konfrensi ke-26 Pramuka Asia Pasifik atau 26th Asia-Pacific Regional Scout Conference (APRS) di Manila, Filipina, 15-20 Oktober 2018.

Andalan Nasional Kwarnas urusan Hubungan Luar Negeri Brata T. Hardjosubroto mengatakan, Rusdi terpilih secara aklamasi menggantikan Ketua Komite APRS Paul Parkinson dari Australia. Dari 27 negara peserta yang hadir semua sepakat menunjuk Rusdi sebagai Ketua Komite.

“Alhamdulillah pemilihan berlangsung dengan lancar, Kak Rusdi sebagai calon tunggal terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Komite Pramuka Asia Pasifik dalam Asia-Pacific Regional Scout Conference ke-26,” ujar Brata, saat dikonfirmasi, Jumat (19/10/2018).

Brata menuturkan, dalam struktur kepengurusan APRS terdapat 10 anggota komite dengan masa jabatan enam tahun. Sedangkan konfrensinya diadakan tiga tahun sekali. Setiap konfrensi ada lima anggota komite yang berakhir jabatannya, dan ada lima yang bertahan.

“Lima anggota komite yang berakhir dalam setiap konfrensi digantikan dengan komite yang baru,” jelasnya.

Rusdi sendiri terpilih sebagai anggota komite APRS dalam konfrensi yang berlangsung di Korea Selatan tiga tahun lalu. Dia masih meneruskan jabatannya untuk tiga tahun ke depan dengan posisinya sebagai Ketua Komite. “Kak Rusdi adalah Ketua Komite APRS ke dua dari Indonesia. Jabatan itu pernah dipegang oleh Kak Azis Saleh pada tahun 1972,” jelasnya.

Selain menjabat sebagai Ketua Komite Pramuka Asia Pasifik, Rusdi juga masih menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Thailand. Setelah terpilih, dia akan menggelar rapat komite dan sub komite APRS di Thailand pada 25 Januari 2019 mendatang.

“Kak Rusdi didampingi oleh dua wakil Komite APRS, yakni Hiroshi Shimada dari Jepang dan Soomboon Bunyasiri dari Thailand,” jelasnya. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here