Agar Tidak Jadi Sarang Bakteri, Jangan Malas Cuci Handuk Ya!

418

Akibat jika Anda malas mencuci handuk

Handuk adalah salah satu benda dengan paling banyak kuman di kamar mandi. Jika malas mencucinya secara rutin, ini layaknya Anda secara sukarela ingin “dijajah” kuman penyakit.

  • Risiko terjadinya infeksi

Mengelap tubuh dengan handuk kotor bisa meningkatkan risiko infeksi. “Ketika Anda menggosok tubuh kuat-kuat dengan handuk, kulit bisa tergaruk,” kata Prof. Gerba. Lecet atau luka (bahkan yang tak kasatmata) bisa menjadi pintu masuk bakteri ke dalam tubuh.

Meski demikian, terkena penyakit akibat pemakaian handuk yang kotor kasusnya sangat jarangnya. Hal ini diutarakan oleh spesialis penyakit menular Aaron Glatt, MD, FACP, FIDSA, FSHEA, juru bicara Infectious Disease Society of America. Kata Prof. Gerba, kuman dari tubuh Anda sendiri tak akan membuat Anda sakit, tetapi lebih pada meningkatkan risiko tertular penyakit saat Anda saling meminjam handuk dengan orang lain.

  • Timbulnya jerawat

Jika Anda cenderung berjerawat (acne-prone), Anda sebaiknya cuci handuk setelah menggunakannya. Saat Anda menggosok kulit dengan handuk kotor, khususnya pada kulit dengan pustula (gelembung yang berisi nanah) yang terbuka, bakteri bisa masuk ke dalam tubuh dan memunculkan jerawat baik di wajah, punggung, atau bagian tubuh mana pun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here